Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/diskominfotikntb/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Rakor Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark

Geopark adalah kawasan-kawasan yang memiliki daerah geologi terkemuka (termasuk nilai Ekologi, Arkeologi dan budaya didalamnya), untuk dapat melestarikannya, masyarakat harus berperan penting dalam melindung serta untuk ikut terlibat dan perencanaan pengelolaan geopark dengan baik secara berkelanjutan.

Guna membahas berbagai hal didalamnya, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Republik Indonesia (RI), Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA membuka secara resmi Rapat Koordinasi Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark di Hotel Santika, Mataram (15/5/18).

 

Acara yang digelar pemerintah Provinsi NTB melalui Tim Penggerak Geopark Rinjani dari Bappeda NTB ini bekerjasama dengan WWF dan Lembaga lainnya.

Safri Burhanudin menyampaikan Geopark menjadi hal yang sangat penting dalam memajukan pariwisata sebagai pusat perhatian seluruh dunia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Tidak hanya itu tapi melalui pengembangan desa wisata, wisatawan mancanegara bisa berkunjung menikmati lokal wisdom masyarakat pedesaan yang masih alami dan unik.

 

"Keberadaan Lombok Internasional Airport (LIA), sebagai pintu masuk wisatawan Mancanegara tentu dari kebersihan dan keamanan masih belum maksimal, masih banyak pedagang asongan yang belum diatur tempatnya, sehingga menjadi tugas bersama pemerintah dan masyarakat setempat bisa menyadari semua itu untuk menjaga kebersihan,"Jelas Safri.

Dia berharap ada solusi yang ditawarkan dalam menangani masalah kebersihan dan kenyamanan para pengunjung yang datang ke Lombok NTB.

 

Dalam laporan General Manager Geopark Rinjani Lombok Chairul Mahsul, menyampaikan Rapat koordinasi ini bisa menambah wahana berpikir dalam mengembangkan pariwisata sebagai penggerak nilai ekonomi setelah Rinjani Lombok ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark.

Dalam kesempatan yang sama, kepala Bappeda NTB Ir.H.Ridwansyah memaparkan Rinjani telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark saat sidang organisasi pendidikan, keilmuan dan kebudayaan perserikatan bangsa-bangsa (UNESCO) pada 12 April 2018 yang lalu. "Tentu sebagai masyarakat NTB harus siap dengan hal itu," ungkap Ridwan.

 

Indonesia memiliki 4 destinasi wisata yang  sudah diakui sebagai UNESCO Global Geopark, 7 Geopark Nasional termasuk Rinjani Lombok, Batur Bali, Gunung Sewu dan yang lainnya, dan 80 wilayah yang berpotensi menjadi Destinasi Geopark kedepan.(Tim Media)