Kampung

Memperingati HUT NTB, Merayakan NTB Gemilang

Salah satu visi NTB Gemilang mewujudkan NTB Asri dan Lestari menjadi konsep pengelolaan Kawasan Ekowisata Mangrove Bagek Kembar di Dusun Medak Belek, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong Tengah, Lombok Barat. Konsep Ekologi, Edukasi, Ekonomi merubah kawasan seluas 10 Ha ini sejak dibuka pada 2017 silam.

Dalam rangkaian kegiatan HUT NTB, kawasan ekowisata ini akan menggelar kegiatan paparan dan pameran foto burung burung migrasi, aksi tanam mangrove, aksi bersih pantai dan sejumlah kegiatan lain pada 15 Desember yang akan datang.

Warga NTB Berbahagia dengan 99 Desa Wisata

Pemerintah Provinsi NTB telah menetapkan 99 desa pariwisata yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota yang ada di NTB. Yang berarti setiap Kabupaten dan Kota di NTB bisa memiliki 8 sampai 18 Desa Wisata. Belum lagi ditambah dengan destinasi wisata meanstream yang sudah ada di daerah tersebut sebelumnya. Tak heran jika salah satu pulaunya, Lombok, masuk dalam 10 besar kota terfavorit untuk menikmati masa pensiun di Indonesia yang dirilis Good News From Indonesia beberapa waktu lalu.

Tradisi Adu Kepala “Ntumbu” Kobarkan Jiwa Patriotisme

Indonesia kaya dengan tradisi dan budaya, di Kabupaten Bima, tepatnya di kecamatan Wawo, memiliki kesenian yang menjadi budaya yaitu Ntumbu (Adu Kepala). Ntumbu ini merupakan satu atraksi seni budaya tradisional Bima yang cukup unik  namun berbahaya bagi orang awam. Atraksi Ntumbu ini hanya ada satu-satunya didunia, yakni di desa Ntori dan Desa Maria Kecamatan Wawo. Atraksi ini merupakan salahsatu kekayaan budaya lokal milik Bima yang dapat dikemas menjadi atraksi yang dapat menrik wisatawan.

NTB Care Dimata Milenial

Seiring  perkembangan zaman,  teknologi   dimanfaatkan  sebagai sarana masyarakat dalam   menjalankan kehidupan sehari-hari, begitu juga dengan Pemerintah Provinsi NTB yang terus berinovasi  untuk dapat mendukung kinerja pemerintah. Hal ini terwujud dengan adanya salah satu aplikasi pengaduan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dengan menginstal aplikasi NTB Care. 

Mengganti Balon dengan Merpati

Melihat balon berwarna-warni terbang di langit biru membawa sebuah sepanduk saat membuka sebuah acara memang indah. Tetapi seringkali tak ada yang mau memikirkan lebih jauh, kemana sampah balon-balon dan sepanduk itu akan mendarat. Bisa jadi ia akan jatuh ke laut dimakan ikan-ikan, melilit anak penyu, atau menyangkut di atas pohon merusak sarang burung-burung. Tetapi untung saja, Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki program unggulan Zero Waste. Dimana di dalam kehidupan masyarakatnya akan selalu diusahakan untuk ramah lingkungan.

Mengawal Stunting Untuk Menyiapkan Generasi Emas di Masa Mendatang

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci utama dalam pembangunan bangsa. Seperti yang ditegaskan oleh Bapak Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan sumber daya manusia akan menjadi salah satu prioritas utama selama periode kedua kepemimpinannya. Hal ini semakin mendukung konsep generasi emas yang sudah dicanangkan oleh pada masa pemerintahan sebelumnya. Berbicara tentang SDM, yang akan menjadi tantangan kedepannya yakni bagaimana kita mewujudkan konsep generasi emas bukan hanya sebagai grand design semata.

Wujudkan NTB Gemilang di Negeri Gingseng

Mewujudkan NTB  Gemilang seorang puteri asli daerah Dompu Euis Baiduri sukses melaju ke negeri Gingseng yakni Korea Selatan, untuk melanjutkan Pendidikan S2 di Program Bahasa Korea dan Program Jurusan Medical Management tepatnya di Chodang Universitiy. Euis sapaannya, memiliki jenjang karir sebagai seorang bidan yang pernah bertugas diruang bersalin, nifas dan IGD, saat ini ia ditugaskan sebagai seorang staff di bagian Humas dan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) di RSUD Provinsi NTB. 

Cerita Awardee Beasiswa Pemprov NTB di Polandia

Program 1.000 Cendekia yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi NTB dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Zul-Rohmi, adalah salah satu program yang berdampak langsung terhadap warganya. Sri Trisnayanti (25) gadis kembar tiga asal Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah adalah salah seorang warga NTB yang terpilih mendapatkan beasiswa tersebut. Pada gelombang 1 tahun lalu, Tanti panggilan akrabnya dikirim untuk menyeselaikan pendidikan masternya di Vistula University Polandia mengambil jurusan Tourism Management.

Mematahkan stigma underestimate society “loh anak NTB bisa sekolah sampai sini? Jauh juga ya”

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika para pemuda pemudi dari daerah-daerah jauh dari ibokota dan peradaban sekolah dan mulai merantau di anggap remeh oleh para pemuda pemudi anak kampung situ. Mereka secara general dan mengkotak-kotak-an dirinya menjadi anak lokal dan anak daerah yang dianggap tidak berkompeten. Kerisauan ini kemudian dirasakan oleh banyak pemuda-pemudi yang baru keluar dari daerahnya untuk mengmeban pendidikan diluar sana tidak terkecuali dirasakan oleh anak-anak dari Nusa Tenggara Barat seperti saya.

Melawan Kerisis Ekonomi Masyarakat Dengan Pohon Jambu Mente Disa Teniga Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Penulis pernah melakukan survey terhadap beberapa desa/dusun untuk menunjukan banyaknya pengangguran terhadap remaja sampai dengan orang dewasa yang menggambarkan krisis ekonomi. Survey ini penulis hajadkan sebagai dasar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan sumber daya alam yang ada di Desa Teniga Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Dapat diambil kesimpulan dari sekian dusun tersebut hanya beberapa masyarakat yang bekerja sebagai pegawai atau pekerja kantor yaitu 20% sedangkan 80% sisanya itu petani.