76 Desa di NTB Jadi Target GKPD

Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) yang digagas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram. Menyasar sebanyak 76 desa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Gerakan ini sejalan juga dengan program Pemerintah Pusat yakni membangun bangsa dari desa.

76 desa tersebut merupakan desa baru yang ada di empat kabupaten di pulau Lombok diantaranya Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara (KLU). Dimana kriteria desa yang di intervensi adalah desa maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal.

"Program keamanan pangan desa ini telah kita laksanakan pada tahun 2014 lalu, dengan target secara Nasional sebanyak 2100 desa dan kini berlanjut pada tahun 2019 dengan target 76 desa khusus untuk pulau Lombok,"terang Kepala BPOM Mataram Dra. Ni GAN Suarningsih, Apt., M.H. dalam kegiatan koordinasi lintas sektor penentuan desa target program GKPD terpadu Provinsi NTB di hotel Astoria, Selasa (23/04).

Tujuan GKPD ini adalah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan berbasis kearifan lokal, agar nanti dapat melakukan pengawasan keamanan secara mandiri, untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sekaligus memperkuat ekonomi desa.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah NTB Ir. Rosyadi H Sayuti, M.Sc.,PhD. mengatakan, target 76 desa memang sangat sedikit. Namun bukan berarti desa yang lain tidak boleh ikut serta. "Meskipun tidak termasuk target grup tapi tidak ada salahnya kita juga memberikan kesempatan bagi desa lain di sekitarnya, sehingga keamanan pangan ini cepat tersosialisasikan dengan baik. Jadi tidak terbatas hanya 76 desa itu saja."Ujarnya.

Desa pangan aman yang di intervensi tahun 2014- 2019 di NTB sebanyak 25 desa meliputi 5 desa di kota Mataram, 5 desa di Lombok barat. Kemudian 3 desa di pulau Sumbawa, 3 desa di Lombok tengah, 3 desa di Dompu, 3 desa di Sumbawa barat dan 3 desa di Lombok timur.

Sementara untuk desa pangan aman terpadu dari 2017-2019 sebanyak 76 desa dengan rincian sebanyak 21 desa di Lombok barat, 15 desa di Lombok tengah, 29 desa di Lombok timur dan 11 desa di Lombok utara. (Luk-tim media)