Aplikasi Si Aga Pertama di Indonesia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB mengenalkan aplikasi Sistem Informasi Aman Gangguan Bencana (Si AGA) pada Rapat Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov. NTB yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Provinsi NTB, Selasa (20/02).

Kepala pelaksana BPBD Prov. NTB Ir. H. Mohammad Rum, MT mengungkapkan bahwa aplikasi Si AGA merupakan aplikasi bencana pertama yang ada di Indonesia. “Aplikasi Si AGA ini merupakan aplikasi satu – satunya di Indonesia yang sudah kita buat, nanti kami BPBD Prov. NTB akan melaporkan aplikasi yang telah kami buat kepada BNPB”jelasnya. 

Provinsi NTB merupakan salah satu wilayah yang memiliki kerentenan tinggi terhadap bencana, Oleh karena itu BPBD Provinsi NTB membuat sebuah aplikasi Si Aga (Sistem Informasi Aman Gangguan Bencana) yang dapat memberikan infromasi tentang kejadian bencana secara cepat dan akurat.

Manfaat aplikasi SiAGA NTB untuk dapat memberikan informasi kejadian bencana secra tepat dan cepat, Informasi yang diberikan bukan hoax, ada verifikasi dari verifikator lapangan, menghindari politisasi informasi bencana, meningkatkan keaktifan masyarakat dalam bentuk alert atau notifikasi.

Selai itu Si AGA juga dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi donor darah melihat keterbatasan harian akan darah di Rumah Sakit dan PMI, dan akan dilengkapi dengan fasilitas lokasi calon pendonor, serta dapat berkomunikasi melalui chat atau telepon.

Si AGA juga dilengkapi dengan informasi cuaca yang telah terintegrasi fitu BMKG NTB, ada juga informasi peta bencana (hasil mitigasi), SOP – SOP memberikan informasi – informasi dan pengetahuan serta panduan jika menghadapi berbagai kondisi bencana dan disediakannya berita – berita yang berkaitan dengan kebencanaan.

Sementara Wakil Gubernur Prov. NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd mengapresiasi setiap inovasi yang dibuat oleh setiap OPD dan mengharapkan agar setiap program yang dibuat dapat di koordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Kominfotik NTB. (ely - Tim media