Bijak Hadapi Hoax Demi Keutuhan NKRI

Diskusi Publik yang diselenggarakan Samalas Insitute,  mengambil tema Peran Media menghadapi Hoax demi keutuhan NKRI yang berlangsung di Aula MAN 2 Mataram dibuka secara resmi oleh Bapak H.Imhal selaku Staf Ahli Gubernur NTB (Mataram, 16.3.17) berlangsung alot hingga siang menjelang sore hari.

Dalam sambutanntmya H.Imhal mengajak kita semua tanggap atas pemberitaan yang ada saat ini, untuk kita cek dan ricek atas kebenaran, keabsahan dan sumber yang jelas, "Intinya bijak" tegasnya.

Lebih lanjut Imhal juga sampaikan, saat ini hoax merambah semua kalangan, dengan kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat dan untuk menghindari hoax terasa tidak mungkin. "Mari kita berusaha menyebarkan berita kebaikan, informasi bermanfaat untuk melawan pemberitaan yang menyesatkan/hoax", ajaknya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ketua PWI NTB, Bapak Naruddin Zen untuk kita semua ikut berperan dan berusaha menekan peredaran hoax pada semua kalangan.

Herman Zuhdi juga melengkapi adapun hambatan dan tantangan ini Inshaa Allah dapat kita redam bilamana kita dalam kebersamaan untuk memerangi bahaya hoax ini.  "Ikatan Televisi dan Jurnalis Indonesia telah serius dan berusaha menjalankan amanah ini sesuai koridor", ucapnya selaku ketua ITJI NTB.

Lain halnya dengan Ibu dari KPID yang menjalankan fungsinya untuk menata siaran dalam bentuk pengawasan siaran TV di Daerah yang memang menjadi tanggung jawabnya. Mensosilisasikan siaran-siaran yang sesuai umur dan peruntukan. "Kami berusaha dengan regulasi yang ada untuk terus memperbaiki semua siaran yang dapat bermanfaat bagi masyarakat", ucapnya Istri dari Dr.Kadri dengan tegas.

Lain halnya dengan perwakilan  Diskominfotik NTB, Bapak Tarmidzi S.Kom  yang menekankan Edaran Gubernur no 550/002/Kominfotik 2017 tentang Implemtasi e.Gov dan Penggunaan Medsos lingkup Pemprov.NTB yang salah satunya untuk penerapan email resmi pemprov, miliki akun medsos, sebarkan informasi pembangunan, share ke web resmi pemprov.ntb, wajib blokir konten negatif, tidak copas berita hoax dan semua kegiatan ini termasuk dalam laporan kinerja ASN.

Dipenutup acara, ia minta semua audiens yang kebanyakan hadir dari kalangan pelajar dan mahasiswa se.kota Mataram itu untuk maju bersama, "Mari selamatkan bangsa ini dan jaga kebersamaan demi NKRI, andalah generasi muda harapan bangsa ini yang mampu untuk itu", tutupnya. (Ajik.Na2ng.Aan,Sukri.Agus-Tim IKP)