Cegah Stunting dengan ASI

Mencegah Stunting, Konselor Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) pada Dinas Keaehatan NTB, Ni Luh Swadeni memberikan cara "sederhana" menjaga anak pada masa pertumbuhannya mulai sejak lahir. Salah satu caranya adalah memberikan kesempatan pada anak-anak yang baru lahir untuk melakukan inisiasi menyusui dini dengan mencari sumber makanan. Bukan dengan cara memberikan susu formula seperti biasa yang dilakukan para ibu.

"Dengan begitu maka si bayi terhindar dari penyakit stunting yang lambat pertumbuhan sehingga menjadi manusia kerdil,"jelasnya.

Selain itu pemberian ASI sampai umur 6 bulan harus dilakukan. Setelah 6 bulan diberikan makanan keluarga yang dimasak dan bisa dikonsultasikan ke posyandu terdekat di lingkungan masing-masing.

 

Mengingat NTB sedang gencar mencegah stunting, maka dengan cara itu masyarakat NTB bisa ambil peran dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat lainnya yang tak hadir di gelaran Inspiratif Expo (IE) Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB yang digelar setiap car free day akhir pekan. Dinas Kesehatan hadir mensosialisasikan masalah kesehatan anak pada masa pertumbuhannya. (san - tim media)