DAFTAR JKN-KIS KINI BISA LEWAT TELEPON

BPJS Kesehatan Cabang Mataram, mengadakan Konferensi pers tekait Virtual Service dan Kanal. Acara ini dihadiri oleh media elektronik, media cetak dan online yang ada di NTB. Konferensi pers ini menghadirkan tiga Narasumber diantaranya Kepala Unit HK2 Lalu Suryatna, Kanit Pemasaran Sri Wahyuni, Kanit Umum dan Keuangan Ari Utami di aula Kantor BPJS Cabang Mataram, Senin,(15/05/17).

BPJS Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan, khusus untuk calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/ Peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP). Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang dikantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Care Center atau Virtual Service.

Adapun hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon care antara lain Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor rekening Tabungan BRI/BNI/Mandiri, No.HP, alamat tempat tinggal dan alamat email. Setelah semua syarat lengkap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, dari hasil rekaman pembicaraan antara peserta dengan agent tersebut nantinya akan menjadi bukti pendaftaran.

Setelah semua pendaftaran selesai, Agent Care Center akan mengirimkan notifikasi Nomor Virtual Account (VA) yang dikirim ke nomor hp atau email kepada calon peserta dan peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama ke bank yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.

Selain itu pada saat ini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kecamatan, Kelurahan serta pendaftaran melalui PPOB/Mitra kerja BPJS Kesehatan. Pendaftaran melalui mitra kerja dilakukan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti di mall dengan sasaran masyarakat menengah keatas.

Untuk penggunaan dropbox, Sri Wahyuni mengatakan “prosesnya masih berjalan dalam tahap negosiasi dan masih berkoordinasi dengan dinas kesehatan serta mall-mall yang berada di mataram”, ungkapnya. Yang bisa melakukan pendaftaran melalui dropbox ini nantinya adalah peserta mandiri untuk mempermudah pelayanan. (A/R)