Dekranasda NTB, Jaring Talenta Designer Muda Lewat "Award 2019"

Sebanyak 60 peserta turut berpartisipasi dalam gelaran "Dekranasda award 2019" yang digelar  sejak tanggal 9 hingga 14 Desember 2019, di Bale kriya NTB jalan Langko, Mataram Nusa Tenggara Barat.

Gelaran Award untuk para designer muda itu, dihajatkan untuk membangkitkan semangat optimisme para talenta-talenta muda agar terus berkarya dan mendedikasikan diri untuk memajukan industrialisasi kriya di tanah air, khususnya di NTB. 

“Melalui Dekranasda Award ini semoga muncul pengerajin baru dan lahir designer-designer muda berbakat menampilkan karya kriya yang inovatif, otentik, berbasis tradisi dan budaya lokal," harap Ketua Dekranasda Provinsi NTB  Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat membuka acara Penilaian Penghargaan Kriya Unggulan Dekranasda NTB Award 2019 di Bale Kriya Dekranasda NTB di Mataram, Selasa (10/12/-2019). 

Niken juga berharap karya-karya para designer muda itu nantinya akan mampu memperkenalkan produk kriya di Kancah pasar nasional dan global dengan nilai jual  dan daya saing produk yang lebih tinggi. Sekaligus mendukung  NTB sebagai pusat industri fashion muslim tanah air, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi Industri fashion dunia. 

Sementara itu, salah seorang dewan juri, Efdalius Ruswandi  mengungkapkan bahwa minat masyarakat dalam gelaran ini dinilai cukup besar. “Tahun ini sekitar 60 peserta yang mendaftar, awalnya kami kira hanya 20 peserta saja itu tandanya antusias masyarakat semakin meningkat” ungkap Ruswandi.

Ia  menjelaskan ajang penghargaan itu diiramaikan oleh  tujuh kelompok produk kerajinan yang sudah terdaftar. Diantaranya kelompok keramik, kelompok serat alam, kelompok batu – batuan, kelompok kayu – kayuan, kelompok textil, kelompok logam dan kelompok material asli alami yang lain. Kemudian pada akhirnya akan diseleksi kembali berdasarkan 6 kriteria dasar penilaian, yakni mencakup excellence, authenticity, innovation, marketability, eco- friendly dan fair.

Selanjutnya pengumuman pemenang penghargaan rencananya akan digelar bersamaan dengan event Lombok Sumbawa Tenun Fest 2019 tanggal 14 Desember 2019 di Ballroom Hotel Lombok Raya. Peserta peraih penghargaan di Dekranasda  NTB Award 2019 ini akan berkesempatan dibawa ke ajang Dekranas Award tahun 2020 di Jakarta. (Elly)