Dekranasda Perkenalkan Produk Daerah di Inspiratif Expo

Eksistensi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, untuk meningkatkan hasil kerajinan rakyat dalam memelihawa warisan budaya leluhur  terus menggelora.

Di gelaran Inspiratif Expo, Minggu (17/3) besutan Dinas Kominfotik NTB, Dekranasda hadir memperkenalkan berbagai hasil kerajinan daerah seperti tenun ikat dan termasuk hasil karya Unit Usaha masyarakat binaannya.

Ketua Umum, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE., M. Si menjelaskan komitmen terus memajukan dan mempromosikan hasil kerajinan UKM dan masyarakat NTB di pentas Regional, Nasional dan Internasional.

"Kami ingin UKM terus berkarya dalam menghasilkan produk kerajinan, seperti tenun, kuliner ataupun hasil UKM lainnya untuk menjaga warisan leluhur budaya dan adat NTB," kata Hj. Niken didampingi Ketua harian Hj. Putu Selly Andayani.

Disamping itu Dekranasda terus mengawal dalam meningkatkan kualitas hasil kerajinan UKM. Mengorganisir promosi dan terus pemasarjan hasil produk kerajinan dari pengusaha dan UKM se NTB.

Pemberdayaan dan pembinaan yang dilakukan Dekranasda juga untuk meningkatkan derajat ekonomi masyarakat. Sehingga hasil karya pengrajin menjadi produk unggulan yang diminati.

Di IE ini, Dekranasda memperkenalkan beberapa UKM yang memamerkan produknya. Ada 8 stand diperkenalkan produk kerajinan UKM LBS, Sasak Maiqnl, Kadri, Mawar Songket pada pengunjung CFD.

"Di Inspiratif Expo, kami mengajak UKM untuk perkenalkan produk hasil kerajinannya, ada tas yang terbuat dari rotan, kuliner dan lainnya,"jelasnya di depan Sekda NTB H. Rosyadi Sayuti dan Kadis Kominfotik Tribudi Prayitno.

Kegiatan IE menjadi ajang sosialisasi kegiatan dan program pemerintah kali ini dimeriahkan oleh perform perkusi, penampilan Dujon Takwondo dari Atraksi Teakwondo dari Dojang Wolf Team 25 orang.

Ada pula fashion show yang menampilkan busana berbahan kerajinan daerah yang digelar di jalan.Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir memeriahkan Inspiratif Expo. Ada Kadis Perhubungan Lalu Bayu Windia, Kadis Pora Husnanidiaty Nurdin, Dirut RSUP Lalu Hamzi Fikri, Kadis Nakeswan Hj. Budi Septiani, Kadis Ketahanan Pangan drh. Aminurahman dan Kadispar Lalu Moh. Faozal, Kadiskop dan UMKM H. L. Saswadi, Kadiskes Nurhandini Eka Dewi. (Edy-Tim Media)