Diseminasi NTB Gemilang Lewat Pertunjukan Rakyat

Untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi program dan keberhasilan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kepada masyarakat hingga tingkat desa dan dusun, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB menggelar pertunjukan rakyat, Sabtu (14/9/2019) di di Aula Kantor Desa Karang Mas-Mas, Kabupaten Batu Keliang Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Fairuz Abadi, SH yang membaur bersama masyarakat saat mensosialisaikan program NTB Gemilang, RPJMD, NTB Care dan  Bijak Bermedsos . Ia mengajak masyarakat memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengembangkan potensi desa.

Menurut Fairuz, Perkembangan dunia TIK khusunya internet semakin mudah. Seluruh masyarakat dari kota hingga pelosok desa sudah mengenal dan bahkan memiliki gadget atau Handphone. Bahkan masing-masing mempunyai dua hingga gadget.

Gadget atau Handphone ditangan kita, harus dimanfaatkan dengan baik.Misalnya untuk melihat informasi tentang pertanian. “Cara bercocok tanam yang baik, mengolah hasil pertanian atau informasi lain yang membangun diri pribadi atau desa kita,” kata Fairuz.

Didepan masyarakat dan pelajar di Desa Mas-mas Fairuz berpesan agar menghormati guru amupun orang tua yang telah melahirkan, membesarkan dan mendidik kita. “Cara memaafkan adalah berbuat dan berkata baik terhadap orang yang menyakitkan kita,” pesannya.

Kepala Seksi Dokumentasi dan Komunikasi Tarmidzi, ME., menambahkan tentang tentang Visi NTB Gemilang dan 6 Misi serta program Pemrov. NTB yang dipimpin Gubernur DR. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur DR. Hj. Sitti Rohmi Djalilah didepan Kepala Desa Mas-mas dan masyarakatnya.

Tarmidzi juga mengajak masyarakat untuk membiasalan diri memelihara lingkungan dengan cara memilah dan memilih sampah. Karena menurutnya sampah adalah salahsatu penyebab lingkungan rusak. Tanah menjadi tidak subur. Apalagi menurut pria yang akrab di sapa Aji ini, Pemrov. NTB memiliki program Bebas Sampah pada tahun 2023 atau Zero Waste.

“Walaupun kita tinggal di desa, harus memelihara lingkungan, memilah dan mengelola sampah dengan baik. Pisahkan sampah itu, yang organic seperti sampah kresek, botol minuman untuk dijual dan di olah lagi,” ajak Aji.

Program Pemrov. NTB yang lain juga dipaparkan oleh Kabid IKP dan Kasi Dokumen Informasi, di bidang Beasiswa Pendidikan misalnya mengirimkan 1000 Mahasiswa di luar negeri, Desa bersih dan Bebas dari Narkoba.

Layanan pengaduan masyarakat yang bernama NTB Care juga dijelaskan kepada masyarakat Mas-Mas. Jelas Aji, bahwa bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, informasi atau masukan dan ide kepada Gubernur dan Wagun dapat disampaikan lewat sebuah aplikasi yang di download dan instal lewat HP Android untuk pengaduan di NTB Care. “Keluhan, masukan dan informasi dari bapak-Ibu dan masyarakat akan segera langsung direspon oleh Gubernur dan Wagub,” tutur aji.  

Kepala Kades Karang Mas-Mas, H. Habiburrahman Yusuf menyambut baik pesta rakyat yang diselenggarakan Dinas Kominfotik NTB. Kegiatan seperti ini menambah informasi tentang Visi-Misi NTB Gemilang dan program-program untuk masyarakat.

“Alhamdulillah, Desa Mas-Mas merupakan salahsatu pelopor desa wisata di NTB, bersama dengan Kampun Media, kami mengembangkan wisata desa dulu.  sehingga Pemrov. NTB telah menetapkan Desa Mas-Mas masuk kefdalam 99 Desa Wisata di NTB,” tutur Habib.

Habiburrahman juga mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah mewujudkan program-programnya. Mensukseskan lewat kepedulia dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan pemerintah, termasuk kegiatan Pemerintah Desa Mas-Mas.

Pesta rakyat yang digagas Dinas Kominfotik di Desa Wisata Mas-Mas, menghadirkan PMI Kabupaten Lombok Tengah, sehingga  masyarakat ikut mendonorkan darah sebagi bentuk aksi sosial. Pemberian buletin NTB yang berisi berita pembangunan di NTB. Kemudia semarak kegiatan ini menghadirkan grup Gambus, Tembang Sasakdan atraksi Tarung Derajat Satlat Mas-Mas dan pada awal acara diadakan senam masal plus Zumba.

Pesta Rakyat dalam rangka desiminsai informasi ini juga akan hadir di 5 Kab/Kota se-Lombok. Pada pekan depan Diskominfotik akan tampil di Lobar. Atraksi Gambus ini menarik bagi masyarakat Mas-mas, alunan dan petikan dawai para pemain Gambus Dewi Mas.mas, pada  vocalis

Merliati, iswandi pada dudur, gitar gambus oleh Rahman, seruling dimainkan Zainul, Bas oleh Hizbul wathoni, menghibur masyarakat setempat.  (Edy-Diskominfotik NTB)