Gelora Persatuan dalam Pesona Khazanah Ramadhan

Gagasan Pesona Khazanah Ramadhan lahir dari harapan untuk memberi kontribusi upaya membangun persatuan dan keberagaman. Nilai agama dan spiritual masyarakat NTB terutama di bulan Ramadhan adalah momentum terbaik bagi seluruh masyarakat NTB untuk bisa ikut berbahagia dalam ketentraman dan kenyamanan.

"Saya ingin mengajak masyarakat untuk menyambut Ramadhan ini, dengan menggelorakan persatuan dalam keberagaman melalui Pesona Khazanah Ramadhan," ajak Asisten I, Dra. Baiq Eva Nurcahyaningsih mewakili gubernur saat membuka Pesona Khazanah Ramadhan di Kompleks Islamic Center, Sabtu (11/5).

Menurutnya, Nilai agama dan spiritualitas bukanlah sebuah perpecahan dan ancaman bagi keberagaman. Justru ini akan menjadi perekat dalam bermasyarakat. Pengalaman hidup masyarakat NTB telah membuktikan hal tersebut. 

Dengan mayoritas penduduk islam, NTB ternyata mampu hidup rukun dalam segala aspek sosial bahkan industri pariwisata memiliki pertumbuhan yang tinggi dari kesatuan itu dan membawa NTB mendapatkan sertifikat Halal Tourism pada tahun 2019.

Ia menjelaskan, berbagai rangkaian kegiatan Pesona Khazanah Ramadhan yang dimulai hari ini dan diakhiri pawai takbir menjelang hari Raya Idul Fitri dan kegiatan lain semua akan menarik. 

"Hari ini hingga 30 Mei mendatang Bazar Ramadhan dan Islamic Book Fair serta rangkaian kegiatan menarik lainnya," ungkapnya.

Kemudian pada malamnya, masyarakat juga bisa mengikuti lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an begitu syahdu saat sholat Taraweh yang menggema melalui bacaan dari imam-imam timur tengah yang sudah mulai sejak awal Ramadhan.

"Mari kita sama-sama menikmati seluruh kegiatan pesona Khazanah Ramadhan, insaAllah akan memberikan pengalaman yang tidak dilupakan," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu. Mohammad Faozal mengatakan, pesona Khazanah Ramadhan kali ini, menjadi gelaran yang istimewa karena Station RRI Mataram menjadi tuan rumah dari pelaksanaan Pekan Tilawatil Qur'an Nasional Ke-50. Artinya, mulai tanggal 17 Mei akan hadir sekitar 600 perwakilan RRI seluruh Indonesia.

"Ratusan perwakilan RRI tersebut menjadi tamu kita di NTB dan puncaknya dilaksanakan pada tanggal 22 Mei bertepatan dengan Nuzulul Qur'an," jelasnya.

Faozal mengungkapkan bahwa pihak panitia juga akan menghadirkan Ustad Fikri Haikal (Putra Almarhum KH. Zainudin MZ) dan penyanyi Religi Opick yang menghibur pada malam Nuzulul Qur'an.

"Rangkaian itu kita persiapkan mulai hari ini dan mari kita beramai-ramai untuk menikmati seluruh kegiatan pesona Khazanah Ramadhan," ajaknya.

 

Dalam Opening Ceremony tersebut juga dimeriahkan oleh Tari Zapin Berdendang Ria dan juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah NTB serta masyarakat pada umumnya.(Man-TM)