GEMPA BUMI GUNCANG BALI DAN NTB

Hari selasa 22 maret 2017 gempa bumi tektonik mengguncang wilayah BALI dan NTB. Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul  07:10:27 WITA, dengan kekuatan M=6,4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.88 LS dan 115,24 BT, pada kedalaman 117 km.

Dampak gempa bumi berupa guncangan lemah hingga sedang dirasakan di daerah Kuta-Bali, Gianyar, Denpasar, Mataram, dan Sumbawa bagian Barat dalam skala intensitas II SIG BMKG  atau (III-V MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi di rasakan oleh hampir semua orang.

Ditinjau dari kedalamanya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indonesia – Australia dan Lempeng Eurasia.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut diatas yang baru saja terjadi ,hingga laporan ini disusun pada pukul 07:26 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat di himbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya masyarakat di daerah pesisir selatan Timur Bali hingga Barat Lombok di himbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami. 

Mataram, 22 maret 2017

(Stasiun Geofisika Mataram)

foto:bmkg.go.id