GUBERNUR BERHARAP TP.PKK DAPAT BERPERAN MENGAWAL INOVASI YANG MUNCUL DI MASYARAKAT

Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 yang bertema ''Dengan HKG PKK ke 45 tahun 2017 kita lakukan akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan Visi dan Misi Gerakan PKK'' dan Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi NTB tahun 2017dengan tema ''Melalui Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi NTB Tahun 2017 kita laksanakan konsolidasi program sebagai sarana mewujudkan akselerasi program-program PKK'' dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang datang bersama Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Erica Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., M.Si digelar di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Kamis (30/3/2017).

Dalam sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat yang dibacakan oleh Wakil Ketua I TP PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin menghimbau agar seluruh pelaksanaan kegiatan yang bersifat seremonial  dikurangi dan memperbanyak kerja nyata dengan jalan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. ''Pada hari ini PKK telah berkiprah selama 45 tahun. Dalam situasi dan kondisi apapun secara sadar mengabdikan diri kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan, kita harus punya semangat dan vitalitas tinggi agar dapat melaksanakan seluruh kegiatan PKK dengan tulus dan ikhlas. Melalui momentum ini seluruh anggota PKK diharapkan dapat menyusun dan akselerasi/percepatan seluruh program pokok PKK. Hal ini harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia PKK dengan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada kader-kader PKK karena merekalah penggerak kegiatan-kegiatan PKK di masyarakat”.

 Pada kesempatan yang sama, Gubernur mengingatkan kepada seluruh tamu yang hadir bahwa salah satu keistimewaan yang harus diresapi oleh seluruh pengurus PKK baik Provinsi maupun Kota/Kabupaten di NTB, bahwa sesuai sejarah terbentuknya PKK lahir dari, oleh dan untuk masyarakat. ''Dulu kita berpikir bahwa program apa saja yang mendapat dukungan dari pemerintah itu sudah cukup menjadi kunci keberhasilan program tersebut. Pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya benar karena untuk menyelesaikan masalah ditengah masyarakat yang beragam, tidaklah cukup hanya mengandalkan dukungan dan peran dari Pemerintah saja. Oleh karena itu kapasitas yang dimiliki oleh pemerintah ditambah inisiatif-inisiatif dari masyarakat juga harus diperkuat, termasuk inisiatif yang berupa organisasi salah satunya yaitu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK ini'', ujarnya.

 Gubernur sangat bersyukur bahwa semua pengurus dan kader-kader TP PKK baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di NTB telah bekerja keras memperlihatkan wujud kerja nyata yang luar biasa dan telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Orang nomor satu di NTB ini juga berharap agar pesan Ketua Umum TP PKK Pusat yang disampaikan oleh Wakil Ketua TP PKK I Provinsi NTB tadi dapat dilaksanakan. ''Kontribusi dan peran ibu-ibu sangat luar biasa dalam mendukung kerja pemerintah. Insya Allah dengan momentum HKG dan Rakon TP PKK ini marilah kita laksanakan empat pesan dari Ketua Umum PKK yaitu bekerjalah dengan rendah hati, jangan menganggap suatu kesalahan adalah hal yang wajar tapi untuk dijadikan pelajaran, pesan ketiga yaitu karya akan berwujud apabila ada kerja nyata dan yang keempat temukan dan gali ide-ide inovatif. Saya harap kader PKK di NTB bisa berperan mengawal inovasi-inovasi yang muncul di masyarakat'' harapnya.

 Biro Humas dan Protokol NTB