KAB.DOMPU TUAN RUMAH HARGANAS XXIV TINGKAT PROV.NTB

Hari Keluarga Nasional tahun 2017 mengusung tema "melalui momentum harganas kita bangun ketahanan keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera menuju keluarga berkualitas yang beriman,berbudaya, dan berdayasaing", berlangsung semarak di lapangan Kantor Bupati Dompu, Rabu,(10/7/17).

Tarian saremba tembe mengawali pembukaan acara untuk menghibur dan menampilkan keahliannya dihadapan Wagub, Sekda, Bupati dan WakilKab.Dompu, pejabat pemerintah, jajaran ASN dan tokoh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Wagub NTB H.Muh Amin mengapresiasi Kab.Dompu atas kontribusinya sebagai tuan rumah dan atas berbagai prestasi yang diperolehnya.

Sesuai dengan potensi yg dimiliki oleh tiap-tiap Kabupaten/Kota, Wagub mengajak seluruh masyarakat untuk memperdayakan semangat otonomi daerah serta menuntut seluruh kepala daerah untuk selalu berkreatifitas, berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten/Kota masing-masing.

Pemerintah Provinsi adalah wakil pemerintah pusat di daerah yang sekaligus sebagai fasilitator, motivator dan regulator,"inilah yang harus kita sinkron antara pemerintah pusat, pemprov. maupun Kab/Kota. Sinkronisasi, kolaborasi,harmonisasi program pembangunan dan juga sinkronisasi dari regulasi yang ada" ucap Wagub.

Tingkat pengendalian penduduk NTB saat ini berada di posisi 1.17% sehingga masih bawah dlm peringkat nasional, menuju tahun 2026 kepada bonus demografi berada dibawah 1%, sehingga pada tahun 2035 nanti, NTB berada pada posisi 0.60%.
"Bila bonus tersebut dicapai, insyaallah penduduk produktif tersebut akan lebih besar dan tidak menanggung usia yang produktif sehingga lebih rendah", terangnya.

Jika penduduk tidak terkendali, pertumbuhan ekonomi yang sudah tinggi akan berpengaruh dalam pertumbuhannya nanti.
Seperti yang disampaikan Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Ambar Wahyuni untuk berkomitmen dalam pengendalian penduduk untuk wajib dilakukan dengan program KB yang sudah banyak berhasil.
"Wanita mempunyai peran penting dan strategis dalam mensukseskan program pemerintah" tutup Wagub. (aan)

IKP Diskominfotik NTB