Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/diskominfotikntb/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Kampung Media Menjadi Inovasi Yang Menginspirasi

Kepala kampung media Provinsi NTB, Fairuz Abadi,SH hadir sebagai narasumber untuk memberikan dan mendorong semua kalangan media dalam menemukan inovasi baru demi menyampaikan informasi yang bijak dan benar. Kampung Media menjadi penyebarluas informasi tanpa unsur sara  dan menjadi wadah bagi pemuda-pemuda yang terus berkarya.

"Kampung media telah banyak mengantarkan pemuda pelopor dengan berbagai macam prestasi yang membanggakan," ungkapnya saat menyampaikan materi pada acaraMedia Gathering Program Inovasi Provinsi NTB. di Holiday Resort Lombok, Kamis (07/06).

Semua itu, berkat kampung media yang terus menyebarkan informasi, tentang inovasi yang diciptakan oleh pemuda-pemuda yang sejak lama bergabung di Kampung media. Selain itu, kampung media juga bukan sekedar portal yang menyuguhkan informasi semata, akan tetapi kampung media juga sebagai peluang ekonomi yang di kemas dalam informasi.

Kampung Media ini merupakan program penyebarluasan informasi berbasis komunitas dan seluruh kegiatannya mengggunakan sebuah portal informasi, berita dan jurnalisme.

Sebuah media online yang berlandaskan kekuatan jurnalisme warga, yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai Warga Kampung Media.

"Jadikan informasi sebagai peluang ekonomi," ajak kepala kampung media.

Anak-anak kampung media, selain menulis tentang informasi yang ada di kampung, juga memanfaatkan portal ini sebagai ajang untuk menginformasikan peluang ekonomi dengan berbagai macam aktivitas ekonomi yang menjanjikan. Misalnya, Habiburahman sebagai anak kampung media yang berasal dari Lombok Timur, ia berhasil membawa Desa Mas-Mas menjadi desa Wisata yang memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat dan mampu menggait turis-turis asing untuk berkunjung di desa tersebut.

Semua itu, lanjut Abu Macel bahwa keberhasilan itu tidak terlepas dari peran Kampung Media sebagai wadah yang memberikan manfaat bagi mereka. Bahkan masih banyak anak Kampung Media serupa, diantaranya, Badri dari Lombok Timur yang berprofesi sebagai guru honorer juga mampu menciptakan pupuk organik cair yang mampu memberikan warna baru bagi para petani di NTB.

"Mereka memberikan inspirasi bagi saya, karena Kampung Media telah menjadi portal tempat mereka untuk terus berinovasi," ungkapnya bersemangat.

Sosok inspiratif ini, yang kerap di sapa Abu Macel juga mampu mengembangkan Kampung Media menjadi inovasi yang terus dilirik oleh media-media lain.

Kegiatan Media Gathering Program Inovasi Provinsi NTB, yang digelar oleh Inovasi untuk anak sekolah indonesia bekerja dengan Australia Goverment, kemudian didukung Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB serta bekerja sama dengan Kampung Media Prov NTB. Kegiatan Program Inovasi ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 6-7 Juni di Holiday Resort Senggigi. (Tim Media)