Kemenpan RB akan Adopsi Pengelolaan PPID NTB

Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia berkunjung ke Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Mataram (5/3).

Kunjungan itu, untuk mengetahui bagaimana pengelolaan PPID yang diterapkan di NTB. Dalam hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada 2018 lalu, Provinsi NTB menjadi salah satu daerah yang mendapatkan peringkat kedua tentang keterbukaan informasi  dengan capaian kualifikasi "Menuju Informatif" terhadap implementasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan Komisi Informasi (KI) pusat.

"Keterbukaan informasi di NTB sudah sangat bagus, Sehingga saya perlu untuk mengetahui pengelolaan informasinya dan kami pasti akan adopsi di Kemenpan RB," ungkap Wasito selaku Tim PPID Kemenpan RB saat ditemui oleh Tim Media usai berkunjung.

Menurutnya, keterbukaan informasi yang diterapkan oleh daerah NTB sudah sangat bagus. Sehingga informasi yang dikecualikan hampir tidak ada. Apabila terdapat informasi dikecualikan maka yang harus dilakukan adalah uji konsekuensi.

"Setelah dapat informasi tentang pengelolaan informasi yang disampaikan, saya menganggap bahwa informasi yang dikecualikan hampir tidak ada di NTB, ujarnya.

Sebelumnya, penjelasan tentang pengelolaan informasi sudah dijelaskan oleh kepala Diskominfotik, Sekretaris dinas, Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB dan pejabat terkait dari pusat informasi PPID NTB. (Man-Tim Media).