KI NTB sampaikan laporan kinerja ke Gubernur

KI NTB sampaikan laporan kinerja ke Gubernur.

Sesuai ketentuan UU KIP Komisi Informasi Provinsi NTB (KI NTB) menyampaikan laporan kinerjanya ke gubernur ntb. saat diterima gubernur, Ajeng Roslinda, Ketua KI NTB ditemani Kadis Kominfotik, Komisioner KIP, Kepala Sekretariat KI NTB juga Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publikasi Bapak Fairuz SH yang dikenal dengan julukan Abu Macel dari Kampung Media (Mataram, 9/2/17).

Ajeng menyampaikan meskipun KI NTB baru dilantik pada 2 juni 2016, seluruh kegiatan yg ditugaskan dapat diselesaikan tepat waktu. "masa kerja yg 7 bulan kita gunakan sebaik mungkin untuk menuntaskan program prioritas. Terutama monev Kip untuk badan publik, pencanangan dbip dan bintek PPID desa. Tentu ini berkat suport anggaran dari provinsi dan dukungan tim sekretariat.

Sebagai catatan hasil evaluasi KIP di tingkat SKPD beberapa perlu dibenahi, antara lain website, layanan informasi di PPID "ujar ajeng. Selain itu disampaikan juga kegiatan tahun 2017 diprioritaskan untuk penyelenggaraan acara festival desa benderang informasi publik desa (DBIP)

Gubernur dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi kepada KI NTB dan meminta agar kegiatan nasional seperti festival dbip ini diseriusi. Selain itu gubernur meminta ki melakukan studi yg mendalam kaitan KIP dgn kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan di desa.

"Selain festival DBIP, KI perlu mencari fakta empirik KIP degan kemiskinan dan kesejahteraan, saya kira ini perlu dilakukan agar kip lebih membumi dirasakan manfaatnya oleh rakyat, kita juga terbantu karena kalau sdh terbuka kan masy jadi percaya degan demikian partisipasi mereka dlm pembangunan juga meningkat"ujar TGh.Zainul Majdi selaku Gub NTB.

Sementara utk hasil evaluasi KIP terdapat DBIP nantinya akan diadakan rapat pimpinan utk membahas langkah perbaikan. Sementara itu Drs.Tribudi Prayitno selaku Kadis Kominfotik NTB menyampaikan ditengah keterbatasan anggaran, sdm dan sarana dan prasarana yang ada terus bersinergi dgn KI NTB utk kembali mendokngkrak rangking KIP NTB "Kita berharap degan sinergi KI dan PPID ke depan rangking KIP NTB dari 9 naik ke nomor 1 lagi. Kita akan siapkan segala sesuatunya sejak dini" kata Tribudi.

Selanjutnya terkait sengketa infornasi tahun 2016 hanya ada 3 kasus. Terendah dari tahun-tahun sebelumnnya. Ini menandakan kesadarann ppid melayani permohonan informasi meningkat..
Ket Pers dari Hendriadi Komisioner bidang advokasi sosialisasi dan edukasi (ase) Tri Budiprayitno Fairuz Macel (Diskominfotik-NTB)