Kwarda NTB Siap Jadi Garda Terdepan Sukseskan Zero Waste !

Lebih dari 1.000 orang anggota pramuka Kwarda NTB melakukan aksi bersih-bersih (clean up) sampah di kawasan taman wisata Loang Balok, pada hari Jum'at (20/12). Aksi ini dilakukan sebagai upaya mensukseskan salah satu program unggulan Zero Waste, yang saat ini tengah digaungkan oleh pemerintah provinsi NTB dibawah kepemimpinan Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah,  sekaligus merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HuT ke 61 Tahun Provinsi NTB.

Titik yang menjadi sasaran pembersihan, difokuskan disepanjang kali hingga kawasan wisata taman Pantai Loang Balok. Pembersihan kali ini dilakukan secara masif, dengan menggerakkan seribu lebih anggota pramuka Kwarda provinsi NTB, yang terdiri dari unsur Pengurus Kwarda NTB, Pramuka Penegak Pandega Se Kwartir Cabang Kota mataram,  Semua Satuan Karya meliputi, SAKA WANA BAKTI,  SAKA TARUNA BUMI, SAKA BHAYANGKARA dan  SAKA WIRA KARTIKA,  SAKA BAHARI, serta SAKA BAKTI HUSADA. 

Kak Kwarda NTB, Drs.  H.  Fathul Gani,  M.Si. saat ditemui dalam kegiatan menyampaikan ia dan jajaran kepramukannya siap menjadi garda terdepan dalam upaya mewujudkan NTB Hijau melalui gerakan zero waste.

" Kapan saja dan dimana saja pramuka siap berkolaborasi dengan steakholder terkait untuk mendukung apapun yang menjadi program pemerintah termasuk zero waste", ungkap Kepala Biro Umum Setda NTB itu.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan Organisasi kepramuka an bersama organnya  setiap saat selalu siap bekerja sama dengan siapa pun, tidak hanya zero waste,  namun juga dibidang- bidang lain seperti ; sosialisasi bahaya Narkoba, mitigasi Kebencanaan, sosial kemasyarakatan serta sosialisasi tentang Pemilu. Katanya

Sebelumnya, wakil gubernur NTB, Dr. Hj.Sitti Rohmi Djalillah dalam sambutannya menyampaikan agar sinergitas bersama harus dibangun untuk mewujudkan NTB bebas sampah pada tahun 2024. Lebih lanjut, Wagub ummi Rohmi juga megajak agar masyarakat mulai melakukan gerakan pilah sampah dari rumah, dan juga meminta agar masyarakat memahami dampak membuang sampah sembarangan yang ujungnya mengotori laut dan pantai. 

"Kalau kawasan wisata kita selalu bersih dan aman, pengunjung yang datang tentu akan senang dan nyaman. Mari rapatkan barisan untuk kita bersama sama menjaga kebersihan dikawasan wisata ini, paling tidak mulailah memilah sampah dari rumah masing- masing". Ajak Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi itu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Sekda NTB, H. Lalu Gita Aryadi, para Asisten Setda NTB, sejumlah kepala OPD lingkup pemprov NTB, serta ribuan pelajar dari kota Mataram. (Kominfotik).