Lomba Foto & Vlog "Bahagia Bersama Keluarga" Banjir Peserta.

Antusiasme masyarakat mengikuti lomba foto dan vlog cukup menggembirakan. Lomba bertemakan “Bahagia Bersama Keluarga” itu  digagas Ketua TP-PKK NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah digelar sebagai salah satu kegiatan memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26. Periode kompetisi sendiri telah dimulai sejak 1 Juni hingga 22 Juni. Saat terakhir karya foto dan video/Vlog tersebut diunggah melalui facebook, instagram dan/atau youtube, terpantau mencapai lebih dari 200 peserta.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, MH, di Mataram (Senin,24/6) menegaskan pihaknya menyediakan total hadiah Rp. 20 Juta untuk  3 pemenang terbaik masing-masing kategori.

Lomba itu,  menurut mantan Kabag Pemberitaan tersebut, merupakan media bagi masyarakat untuk merefleksikan momen-moment bahagia berkumpul dan berinteraksi bersama keluarga dalam upaya mewujudkan kehidupan keluarga harmonis, sehat, bahagia dan sejahtera.

Pemenang lomba Foto dan Vlog Moment-moment bahagia itu, diharapkan akan menjadi media inspirasi bagi pembangunan keluarga bahagia menuju terwujudnya Generasi NTB Emas. Karena keluarga merupakan pondasi dan lembaga pendidikan pertama dalam mewujudkan generasi emas tersebut, ungkap Aryadi.

Hal itu, menurutnya sejalan dengan Misi Ketiga pembangunan NTB Gemilang, Yakni terwujudnya NTB SEHAT DAN CERDAS melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik selaku koordinator Lomba, Fairus Abadi, SH  menambahkan, hingga akhir masa pendaftaran, selain 200 peserta yang sudah berhasil direkap panitia, sebenarnya masih terdapat yang belum masuk dalam rekap panitia. Ia memperkirakan jumlah peserta lomba hampir mencapai 300 peserta.

Puncak acara Harganas dan penyerahan hadiah pemenang lomba foto dan vlog akan digelar di kabupaten Bima pada 30 Juni depan.

Fairus Abu Macel juga menjelaskan bahwa tema yang diusung dalam lomba foto dan vlog ini diharapkan dapat menjadi media sosialisasi program-program unggulan mewujudkan NTB Gemilang.

Menurutnya, melalui lomba ini masyarakat dapat menyalurkan idenya dalam kreatifitas seni fotografi dan video di media sosial.  Karya foto dan video diharapkan sebagai inspirasi membangun kembali nilai nilai keluarga NTB sebagai pusat dimulainya pembangunan peradaban. Yakni Keluarga yang mencerminkan hidup penuh kedamaian dan keharmonisan, ujarnya. Mengingat trend penggunaan media sosial  yang kian marak, maka penyerahan karya lomba dilakukan melalui Facebook, Instagram, Tiwitter dan Youtube dengan tagar harganasntbgemilang2019, ungkap Abu Macel.

Ia menambahkan, Lomba itu juga untuk mengajak masyarakat membagikan informasi baik dan bermanfaat. Salah satunya dengan informasi inspiratif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hasil karya yang dibuat sesuai dengan tema bahagia bersama keluarga dengan mengunggah foto dan video kegiatan keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak dan anggota keluarga lain yang menghadirkan kebahagiaan. Namun sedapat mungkin memiliki pesan dari keterangan foto yang dibuat oleh peserta.

Pengumuman pemenang dilakukan sebelum penyerahan hadiah yang akan dilakukan pada puncak perayaan Harganasi di Bima pada 30 Juni mendatang. --(jm – tim media)--