LPP RRI Kerjasama Kampung Media

Kampung Media NTB akan menjadi sumber pemberitaan dan publikasi LPP RRI. Konsep penyebaran informasi yang telah dilakukan Kampung Media sejak 2008 layak menjadi rujukan dalam memperoleh informasi dari pelosok daerah. Dua ribu komunitas dan lima ribu anggota yang tersebar se NTB akan menjadi kontributor RRI Mataram .

Diharapkan kerjasama RRI dan Kampung Media akan memperkuat basis informasi yang benar dan berkualitas bagi publik.
Kepala LPP RRI Mataram, Drs Aep Karman Djajasasmita, MM melalui Joko Tri Ubaya Sakti, Kepala Seksi Liputan Berita dan Dokumentasi LPP RRI Mataram mengatakan, kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari Proyek Perubahan Diklat Pim IV. Sebagai inovasi dalam penyebarluasan informasi, anggota komunitas Kampung Media dinilai memiliki kecakapan jurnalistik yang baik dalam penulisan berita serta memiliki keragaman informasi yang disebarluaskan melalui laman daring.

“Anggota komunitas Kampung Media sudah menguasai pola penulisan berita. Syarat 1 H 5 W dalam tulisan yang dimuat di situs Kampung Media membuat RRI Mataram menginginkan kerjasama pemberitaan agar media radio juga dapat dimanfaatkan oleh anggota Kampung Media”, terang Joko di kantor diskominfotik Selasa 23/4

Menurut Joko, pemberitaan yang terdapat di situs Kampung Media selain menarik dengan ragam informasi mulai dari pemerintahan, wisata, budaya, pendidikan, teknologi sampai dengan profil tokoh inspiratif, juga ditulis dengan gaya jurnalisme warga yang lebih mudah dipahami dalam penyampaian informasi.

 

Kepala Kampung Media Achmad Fairuz Abadi mengatakan, kerjasama ini juga menjadi hal baru bagi anggota komunitas Kampung Media untuk mengenal jurnalistik radio. Radio sebagai media audio mengutamakan kemampuan deskripsi verbal dalam memberikan informasi kepada public pendengar.
Untuk itu, kerjasama ini akan dimulai dengan memberikan pelatihan jurnalistik radio bagi anggota komunitas yang terpilih dan praktek lapangan melakukan laporan pandangan mata saat penyelenggaraan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) tingkat Nasional di Islamic Center pada Mei depan. (jm – tim media)