MANFAATKAN PELUANG USAHA MELALUI E-PROC, DAFTARKAN PERUSAHAAN/DIRI ANDA DI LPSE

Pengadaan barang/jasa secara elektronik di instansi pemerintah tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam pengadaan barang/jasa. Dalam konteks perwujudan tatanan pemerintahan yang baik, pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik juga merupakan strategi utama pemerintah untuk: menghapuskan praktek korupsi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, memberikan layanan informasi public yang berkualitas, mengintegrasikan dan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal di pemerintahan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan iklim persaingan usaha yang terbuka dan sehat.

Seperti program pemerintah lainnya, pengadaan barang/jasa secara elektronik di pemerintahan, baru dapat dikatakan berhasil jika pemerintah dan masyarakat mendapatkan manfaat dari system ini. Jika dari sisi pemerintah, system ini telah terbukti memberikan manfaat berupa efisiensi waktu pengadaan dan efisiensi biaya, dari sisi masyarakat, system pengadaan barang/jasa secara elektronik ini diharapkan mampu memberikan dampak yang terukur terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat selain juga kepuasaan masyarakat akan informasi real time.

Untuk itu, penting bagi masyarakat, untuk memanfaatkan secara optimal, peluang usaha yang telah disodorkan pemerintah melalui system Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik.  Mari mendaftar di LPSE terdekat.

Bagi masyarakat yang berminat menjadi penyedia barang/jasa bagi pemerintah, tidaklah sulit. Namun sesuai dengan namanya: Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik, tentunya mengharapkan para penggunanya (penyedia/calon penyedia) cukup terbiasa memanfaatkan teknologi informasi.

Berikut, hal-hal yang perlu diketahui calon penyedia barang/jasa yang ingin mendaftar ke LPSE.

  1. Memiliki akun email aktif/bisa digunakan untuk menerima dan berkirim file elektronik. Jangan lupakan password email karena percuma saja mendaftar dengan akun email yang tidak bisa dibuka. Bagi perusahaan, sebaiknya gunakan email resmi perusahaan.
  2. Carilah lokasi LPSE terdekat (bisa menggunakan situs pencarian (search engine) seperti Google atau Yahoo), atau bisa mencari lokasi LPSE di website www.inaproc.lkpp.go.id. Jika di suatu wilayah terdapat beberapa LPSE, pilih LPSE yang terdekat/termudah aksesnya dari tempat tinggal. Hal ini semata-mata untuk memudahkan calon penyedia.
  3. Daftarkan perusahaan di website LPSE terdekat di daerah anda. Untuk para calon penyedia di wilayah NTB, bisa melakukan pendaftaran di website LPSE Provinsi NTB (www.lpse.ntbprov.go.id) atau website LPSE kabupaten/kota. Seluruh kab/kota di NTB telah memiliki LPSE yang bisa melayani para calon penyedia.
  4. Lakukan pendaftaran secara online di website LPSE. Isi data elektronik yang diminta dengan benar. Setelah pendaftaran online selesai, calon penyedia akan mendapatkan email balasan ke alamat email yang digunakan untuk mendaftar.  
  5. Konfirmasikan email balasan tersebut dan siapkan berkas-berkas yang harus diverifikasi di LPSE terdekat. Proses pendaftaran belum selesai hingga kelengkapan berkas calon penyedia dinyatakan terverifikasi oleh verifikator LPSE.  
  6. Dokumen yang harus dibawa pada saat verifikasi data adalah dokumen asli berupa:

-        Akta pendirian;

-        KTP (Kartu Tanda Penduduk) direktur ;

-        SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan /SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi);

-        TDP (Tanda Daftar Perusahaan);

-        NPWP (Nomor Peserta Wajib Pajak);

-        SITU (Surat Izin Tempat Usaha);

-        SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) Pajak;

-        PKP (Pengusaha Kena Pajak) bagi yang puny);

-        Form keikutsertan (download)

-        Form pendaftaran (download)

Selain dokumen asli, calon penyedia harus menyiapkan satu set dokumen fotokopi yang akan disimpan sebagai arsip di LPSE. Jika semua data telah lengkap dan benar, verifikator akan melakukan registrasi penyedia pada system pengadaan barang/jasa secara elektronik (SPSE). Jika telah teregistrasi, maka penyedia bisa log in di LPSE tersebut dengan user id/password yang telah ada.

Sangat penting bagi penyedia yang telah terdaftar di LPSE, untuk menyimpan dengan baik alamat email yang digunakan, user id beserta password yang digunakan untuk log in ke LPSE. Pada banyak kasus, penyedia seringkali lupa alamat email yang dipakai ketika mendaftar dan lebih banyak kasus lagi adalah lupa password log in.

Penyedia yang telah mendaftar di sebuah LPSE dan ingin mengikuti lelang di LPSE lainnya, tidak perlu mendaftar kembali karena telah memiliki akun/user id. Yang perlu dilakukan adalah melakukan agregasi data penyedia dengan cara mengirimkan email ke helpdesk LKPP melalui LPSE terkait dengan melampirkan data penyedia yang diminta seperti SIUP/SIUJK, NPWP. Atau menghubungi call center di (021) 29935577/ (021) 50205577

LPSE Provinsi NTB berlokasi di Jalan Udayana no.14 Mataram, depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi NTB (DPRD Provinsi NTB). Pelayanan dibuka Senin-Kamis pukul 08.00-1600 WITA (istirahat jam 12.00-13.00. Untuk hari Jumat, pelayanan buka pukul 08.00-16.00 WITA (istirahat jam 11.00-13.30).

#lpse #lpseprovinsintb #e-procurementntb #diskominfotikntb