Mantapkan Pengentrian NTB Satu Data

Pagi ini (30/4), Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai data statistik sektoral di Mataram. FGD ini diikuti oleh Tim Tata Kelola NTB Satu Data dari seluruh OPD lingkup Provinsi NTB.

Dalam FGD tersebut, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Tri Budiprayitno, meminta kepada seluruh OPD agar bekerjasama untuk mengentri data terupdate pada portal NTB Satu Data. Kadis berharap agar 45 OPD yang berpartisipasi dalam portal ini agar lebih meningkatkan Akurasi data yang dientri.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik Diskominfotik NTB, Hj. Asni Irawati, berharap seluruh OPD dapat bekerjasama dalam merawat data yang ada. Sehingga konflik duplikasi data dapat terhindar dan membuat data lebih reliable. 

"Harapan kami tentunya data yang ada secara series dapat terawat. Sebagaimana kami yang sudah merawat data sejak tahun 2015. Sehingga masyarakat dapat mengakses data dengan mudah, murah, serta berkualitas," tutur mantan MC Nasional Pemprov NTB tersebut.

Lebih Jauh Hj. Asni Irawati menjelaskan NTB Satu Data merupakan perbaikan Tata Kelola Data Pemerintahan yang diselenggarakan melalui prinsip satu standard data, satu Metadata, interopabilitas data, dan oderefrensi, dan data induk yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dupertanggungjawabkan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Selain menghadirkan Kadis Kominfotik NTB sebagai pembicara, FGD tersebut juga mengundang Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda NTB, Prof. Suryani Eka Wijaya. Prof. Eka menyampaikan materi mengenai arah kebijakan pembangunan Provinsi NTB. 

"Portal NTB Satu Data ini nantinya diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pembangunan NTB," tuturnya. 

Tim Tata Kelola NTB Satu Data NTB sendiri telah di bentuk berdasarkan surat keputusan Gubernur NTB nomer 20-259 tahun 2019. Dalam SK tersebut sebanyak 56 anggota Tim telah ditetapkan yang terdiri dari pembina, Ketua, koordinator bidang, koordinator bidang data dan statistik, koordinator bidang sistem dan informasi, serta anggota. (novita-tim media)