Masyarakat Harus Jadi Konsumen Cerdas

Masyarakat yang ingin melihat informasi produk obat dan pangan yang telah digunakan sudah terdaftar atau belum dapat mengecek di aplikasi Cek BPOM.

"Produk yang belum terdaftar berarti merupakan produk yang ilegal atau belum terdaftar, namun apabila sudah terdaftar maka akan keluar berbagai informasi mengenai produk tersebut" tutup Drs. I Nyoman Sumasada, Apt., M.H merupakan Kepala bidang Informasi dan komunikasi BPOM Mataram.

Masyarakat harus dapat menjadi konsumen cerdas dalam memilih produk yang akan digunakan dan memastikan bahwa obat, kosmetik, obat tradisional dan pangan sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mataram.

"Kita harus menjadi konsumen yang cerdas dalam mengkonsumsi pangan yang ada diluar, karena banyaknya bahan - bahan yang harus di waspadai seperti formalin, boraks dan rhodamin b" tutur Rosita selaku staff Bidang Komunikasi dan Informasi BPOM NTB dalam gelaran Inspiratif Expo Dinas Kominfotik NTB, Minggu (28/04).

Berbagai bahan berbahaya yang sering kali ditemukan masyarakat dan seringkali disalahgunakan, seperti pada makanan, kosmetik dan sebagainya. Adapun jenis bahan berbahaya yakni formalin, boraks dan  Rhodamin B. Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk, biasanya digunakan sebagai bahan perekat kayu lapis dan desinfektan untuk peralatan rumah sakit serta untuk pengawet mayat. 

Boraks adalah senyawa berbentuk kristal  tidak berbau dan stabil pada suhu  dan tekanan normal, biasayanya digunakan untuk bahan pembuat diterjen. Rhodamin B adalah pewarna sintesis berbentuk serbuk kristal merah keunguan dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar, biasanya digunakan untuk industri tekstil dan kertas. 

Selain itu kosmetik merupakan pilihan yang begitu bervariasi dikalangan masyarakat. Banyaknya pilihan membuat masyarakat harus jeli untuk memperhatikan produk. Seperti 5 langkah yang dilakukan BPOM untuk dapat periksa produk yakni cek Kemasan, Label, Izin edar berupa notifikasi, Kegunaan dan cara penggunaan dan Kadaluarsa.  (Ely - TM)