Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/diskominfotikntb/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

NTB, Contoh Terbaik Keberhasilan Program MCC

Provinsi NTB disebut sebagai daerah yang berhasil melaksanakan program Millennium Challenge Corporation (MCC) yang digagas Pemerintah Amerika Serikat bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi NTB. Bahkan NTB merupakan contoh terbaik dari pelaksanaan program tersebut. Kemitraan MCC dengan Pemerintah Indonesia telah dilaksanakan selama lima tahun untuk mengatasi tangangan pembangunan melalui investasi di bidang gizi, modernisasi pengadaan dan membangun kemakmuran hijau melalui pembangunan berkelanjutan. Hal itu ditegaskan Duta besar Amerika Serikat Joseph R. Donovan saat menemui Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, di Ruang Kerja Gubernur, Senin (7/5/18).

Kehadiran Dubes dan sejumlah delegasi lembaga pemerintah Amerika Serikat Millenium Challenge Corporation (MCC) mengunjungi Provinsi NTB itu, untuk merayakan berakhirnya Compact MCC yakni sebuah progran kerja sama dengan Pemerintah Indonesia. Duta besar AS Donovan dan Delegasi MCC, dipimpin Wakil Presiden dan Sekretaris Dewan MCC, Jeanne Hauch serta Wakil Presiden untuk urusan Kongres dan Hubungan Masyarakat, Karen Sessions, bertemu dengan Gubernur NTB untuk mengapresiasi peran pentingnya di dalam pelaksanaan proyek-proyek Compact MCC di NTB.

Keberhasilan beberapa program MCC di NTB, antara lain, Proyek kesehatan dan gizi berbasis masyarakat mengurangi (stunting) di delapan kabupaten di NTB, dan berupaya untuk mengentaskan malnutrisi kronis dan stunting, Unit Layanan Pengadaan (ULP) NTB, Pelaksana Program, misalnya Panca Karsa dan Peka Sinergie, menerima pendanaan dari proyek Kemakmuran Hijau Compact MCC untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan, ini merupakan satu kerjasama yang baik dan terlihat nyata di pencapaiannya dalam pembangunan yang ada, NTB tahun lalu juga mendapat penghargaan IPM kedua terbaik se-Indonesia, dan program MCC ini berkontribusi untuk itu, tak lupa TGB mengucapkan terima kasih atas program yang nyata-nyata terlihat baik dari bidanv pembangunan dan pemerintahannya, "Saya berharap dan punya komitmen jajaran pemerintah provinsi, usai program ini, kami akan menjamin keberlanjutannya, walaupun bapak- bapak MCC sudah selesai, tapi sisi kemanfaatannya terus kita lanjutkan", Ungkap TGB pemaparan program MCC di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur.

Gubernur NTB dan seluruh masyarakat NTB telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk program ini dan mengintegrasikan aktivitas Compact MCC ke dalam rencana pembangunan, ungkap Dubes AS Donovan. Kemajuan yang tercapai merupakan contoh keberhasilan Compact di daerah-daerah Gubernur NTB, Program ini sangat dekat hubungannya dengan apa yang harus kita lakukan beberapa tahun kedepan, kita harus berpikir bagaimana membuat masyarakat mendapat keuntungan dari program tersebut.

Usai diterima di ruang kerjanya, pertemuan tersebut dilanjut di ruang rapat utama sembari menyaksikan pemaparan program MCC. Selama lima hari berada di Lombok, delegasi MCC bertemu dengan peserta penerima manfaat program, antara lain proyek pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat (PSDABM), Kader Posyandu dan Unit Layanan Pengada.

Humas NTB