NTB Juara. Kebanggaan untuk Daerah

Program Unggulan dalam NTB Gemilang adalah melaksanakan misi NTB Juara. Dua bagian penting dari program unggulan ini adalah dalam bidang olahraga dan kepemudaan. Sebagai ukuran pencapaian prestasi yang diraih NTB dalam dua bidang ini adalah diakuinya potensi masyarakat NTB dalam memberikan kebanggaan dan kemenangan bagi daerah baik di kancah nasional maupun internasional. Kontribusi ini adalah tolok ukur kualitas pembangunan sumber daya manusia di berbagai bidang.

Di bidang olahraga, prestasi olahraga NTB secara nasional memang telah mengalami peningkatan. Pada Asian Games 2018 lalu NTB kini bertengger di posisi 12 dalam perolehan medali. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, mengatakan persaingan atlet di multi event nasional akan berjalan ketat. Untuk itu, KONI NTB diminta mengkaji kembali target 17 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung di Papua tahun 2020 mendatang.

“Perlu dikaji lagi target 17 emas itu, dari mana saja medali emas yang ingin dicapai, sehingga target kita terukur. Jangan sampai atlet dibebankan target yang tinggi, karena kompetisi makin besar,” ucapnya.

Pernyataan ini dilontarkan Gubernur, setelah melihat ketatnya persaingan atlet di kancah nasional. Sebab menurut dia, atlet dari daerah lain tidak tidur, dalam hal ini provinsi lain juga telah mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya menghadapi multi event nasional tersebut.

Menurut Gubernur NTB, terkait target NTB meraih 17 medali emas di PON/2020 perlu dikaji lagi. KONI NTB diminta harus lebih rinci lagi memetakan potensi atlet yang dapat meraih medali emas, sehingga apa yang ditargetkan oleh NTB di PON XX/2020 terukur. “Perlu dikaji lebih lanjut, kira-kira target itu terukur apa tidak,” jelasnya.

Ketua KONI NTB H Andi Hadiyanto menuturkan prestasi NTB pada Asian Games. Menurut Andi, raihan medali atlet asal NTB ini sebagian besar adalah kali pertama sepanjang sejarah. Bahkan pada cabang olahraga tertentu telah mampu memecahkan rekor rekor baru, dalam pesta Asian Games “Kita harus berbangga, atlet atlet NTB, berhasil membawa pulang tujuh medali sekaligus mengharumkan nama NTB, nama Indonesia di kancah dunia,”ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Hj Husnanidiaty Nurdin mengatakan Program Unggulan NTB Juara adalah upaya pemerintah daerah untuk menyiapkan atlet atlet yang pada gilirannya nanti dapat mengangkat nama NTB di berbagai lini kegiatan. Sejak lama peran Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PPLP) menjadi episentrum pelatihan bagi potensi olahraga sejak dini. Saat ini ada 64 atlet yang sedang menjalani latihan. Mereka adalah atlet Atletik, Taekwondo, Pencak Silat, Voli Pasir dan Karate. Cabang Olahraga ini adalah cabang unggulan yang menjadi andalan prestasi NTB.

“Di PPLP daerah kita merekrut atlet muda yang berbakat dari usia sekolah menengah sedangkan di pusat mereka yang berusia SMU. Harapannya nanti jika memungkinkan ada PPLP untuk atlit dari usia mahasiswa. Ini kita lakukan agar pembinaan menjadi berkesinambungan”, jelas Husnanidiaty.

Pusat pelatihan ini memang menjadi andalan pemerintah daerah untuk melahirkan atlit berpotensi setidaknya dari daftar cabang olahraga unggulan yang telah terbukti memberikan kontribusi bagi program NTB Juara. Menjadi program unggulan pemerintah daerah adalah pekerjaan panjang, atlet berprestasi tidak lahir seketika namun memerlukan proses panjang dan persiapan matang.Termasuk didalamnya pelatih ayng memiliki lisensi dan pengalaman yang baik termasuk mengembangkan kompetensi dalam cabang olahraga masing masing. Begitupula koordinasi dengan pengurus cabang olahraga di kabupaten/ kota, pemerintah daerah mengambil peran memfasilitasi pelatihan lanjutan bagi pelatih yang telah menyelesaikan latihan dasar mereka. Adapula program pengiriman pelatih untuk belajar ke luar daerah.

“Peran pelatih menjadi penting karena mereka adalah mesin pencetak atlet. Karena dengan sentuhan dan bimbingan pelatih, seorang atlet dapat menemukan bakat dan potensi atletnya”, kata Husnanidiaty.

Hal inilah yang menjadi fokus Dinas Pemuda dan Olahraga dalam rangka mendukung Program Unggulan NTB Juara untuk NTB Gemilang. Tidak hanya memberikan perhatian kepada lima cabang olahraga unggulan tersebut namun juga seluruh cabang olahraga prestasi lainnya. Secara berjenjang kompetisi untuk menjaring atlet dimulai dari olimpiade olahraga siswa, pekan olahraga provinsi, pekan olahraga daerah untuk menuju pekan olahraga nasional. Melalui level kompetisi ini, pemerintah daerah melalui PPLP juga mencari potensi atlet melalui sekolah dan pola talent scouting ke kabupaten/ kota untuk menemukan potensi atlet yang dapat dibina lebih lanjut. Dukungan PPLP pusat dalam program pencarian bakat ini juga sangat baik. Beberapa waktu lalu di pulau Lombok, dari 600 atlet yang dilakukan tes penjaringan, ada 50 atlet berbakat yang berhasil lolos untuk dibina. Kegiatan serupa akan dilakukan di pulau Sumbawa pada September depan. Sejauh ini ada 1500 bakat olahraga yang akan mengikuti tes bakat oleh tim gabungan daerah dan pusat.

“Program Unggulan NTB Juara ini sebenarnya tagline atau motto yagn harus didukung oleh semua pihak untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi olahraga maupun prestasi lainnya di bidang kepemudaan”, terang Kadis Dispora.

Ia menyebut pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan stakeholder lain di bidang olahraga seperti Komite Olahraga Nasional (KONI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) juga dengan National Paralympic Committee (NFC) yang mengurusi atlet penyandang disabilitas. Hal ini untuk memastikan prestasi yang telah diraih sekarang tidak mandek di tengah jalan agar berkesinambungan dalam mwujudkan prestasi gemilang.

Pasca Lalu Zohri, atlet Atletik yang kini sedang memasuki puncak prestasi diharapkan membawa pengaruh baik sebagai motivasi dalam membangun prestasi olahrag daerah. (jm – tim media)