PARIWISATA NTB SEMAKIN DIKENAL & DIMINATI DI MOSKOW

Pesona pariwisata NTB yang kaya dan beragam semakin dikenal dan diminati di berbagai negara, termasuk di kalangan masyarakat Moskow-Rusia. Hal itu antara lain terbukti dari suksesnya pelaksanaan Festival Indonesia (FI-2017) ke-II  di Moskow tanggal 4-6 Agustus 2017 yang dihadiri sekitar 91.600 pengunjung. Berbeda halnya dengan FI pertama, FI kedua didahului dengan penyelenggaraan Forum Bisnis Kelapa Sawit dan Russia-Indonesia Business Forum masing-masing pada edisi (3-4/8-2017) dilanjutkan dengan Business Matching selama penyelenggaraan festival.

Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow- Rusia, Lasro Simbolon menyampaikan hal itu saat diterima Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Muh Amin, SH., M. Si di ruang kerjanya dalam kunjungan kerja di NTB, Rabu (8/11/17). Tujuan kunjungan tersebut, selain ingin menggali lebih dalam kekayaan alam, budaya dan pariwisata di NTB, Wakeppri Moskow, Lasro Simbolon juga menyampaikan secara langsung undangan Festival Indonesia ke-3 di Moskow pada 3-5 Agustus 2018.

Saat itu Lasro menguraikan, berdasarkan data yang dikeluarkan Federal Custom Service Rusia, total perdagangan antara Indonesia dan Rusia tahun 2016 sebesar 2,6 Milyar dollar atau meningkat 33,4% dari tahun 2015 dan Indonesia mengalami surplus sebesar 1,8 Milyar dollar. Jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia pada semester pertama 2017 meningkat sebesar 58% dari tahun sebelumnya, terangnya

Menurutnya, ''NTB memiliki kualitas kekuatan pariwisata yang luar biasa, tinggal dipromosikan saja agar para wisatawan Rusia akan melihat ke sini'', ujar Lasro. Sasaran utama pariwisata di Indonesia tentu masih dikuasai oleh pulau Bali, kemudian Lombok dan Jogja. ''Kita akan garap dan dukung program pemerintah yang mendukung pariwisata dan termasuk sepuluh destinasi baru'', tambahnya.

Maka dari itu, guna meningkatkan promosi, baik promosi bidang perdagangan, pariwisata dan investasi, melalui penyelenggaraan FI ke-III ini, Lasro Simbolon mengundang para kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk memanfaatkan event tersebut.

Menerima kunjungan tersebut, Muh Amin menyambut baik serta mendukung penuh undangan FI ke - 3. Baginya kegiatan FI ini adalah tantangan bagi NTB untuk memperluas jaringan dan promosi pariwisata NTB di Rusia.

''Negara ini kuat karena daerah kuat, tetapi jika negara ini lemah maka daerah pasti lemah'', ungkap Wagub.

Dijelaskannya, NTB dengan berbagai keunggulan pariwisata yang didukung oleh potensi alam, kekhasan budaya serta kulinernya yang sudah diakui dunia, terlebih dengan keberhasilan meraih World Best Halal Tourism dan Best Halal Honeymoon Destination saat ini, akan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mulai dilirik oleh berbagai event pariwisata berskala internasional seperti Festival Indonesia di Moskow 2018 mendatang.

Biro Humas dan Protokol NTB