Pedagang Kurma Panen Rupiah

Bulan suci Ramadhan mendatangkan banyak berkah bagi setiap orang. Salah satunya adalah pedagang kurma musiman di simpang lima kota Tua Ampenan Mataram. Mereka menjajakan dagangannya di pinggir jalan, dengan keuntungan yang cukup fantastis mencapai belasan juta rupiah.

Para pedagang kurma di tempat ini biasa menjajakan dagangan mereka mulai pukul 08.00- 23.00 WITA. Kurma yang dijual pun bervariasi. Terdapat 10 jenis kurma, beberapa diantaranya adalah kurma mesir, kurma lu’lu’, kurma nagar, palm, Madinah hingga kurma ajwa.

Salah seorang pedagang kurma bernama sri mengatakan, aktifitas berjualan kurma ini hanya dilakukan pada saat bulan Ramadhan saja. ‘’Saya biasanya jualan kurma kalau bulan Ramadhan aja. Kalau hari lain, ya jualan yang lain.’’ ujarnya Senin, (13/5).

Keuntungan yang didapat dari berjualan kurma tersebut mulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 15 juta perharinya. ‘’Kalau ramai bisa belasan juta, tapi kalau sedang sepi palingan cuma 5 juta rupiah saja sehari.’’ terangnya.

Harga jual untuk satu kilogram kurma juga bervariasi, mulai dari Rp. 40 ribu hingga Rp. 500 ribu perkilogramnya.’’ Ada yang paling mahal kita jual yakni kurma ajwa. Itu kurma Rasulullah dan baik buat kesehatan.’’ katanya. 

Para pedagang tersebut biasa mendatangkan kurma langsung dari Madinah dan biasa berjualan hingga H-2 sebelum idul fitri sehingga keuntungan yang didapatkan bisa mencapai ratusan juta perbulannya. (luk-tim media).