Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/diskominfotikntb/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Pendapatan Daerah NTB Naik 4 Kali Lipat

Pendapatan Daerah NTB tahun anggaran 2008-2018 meningkat 4 kali lipat. Hal tersebut disampaikan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) provinsi NTB dalam konfrensi pers yang digelar di Media Center komplek kantor Gubernur NTB Rabu, (6/6).

"Di masa pemerintahan TGB, dari tahun 2008 sampai 2018 pendapatan daerah kita menunjukan angka kenaikan drastis hingga 4 kali lipat," jelas Dra. Eva Dewiyani selaku sekretaris Bappenda.

Komposisi rata-rata perjenis peningkatan tersebut di antaranya,  Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 37,59%, Dana Perimbangan sebesar 54,52%, dan lain-lain pendapatan yang syah sebesar 7,89%.

Adanya kenaikan jumlah pendapatan daerah tersebut, tidak terlepas dari ikhtiar Bappenda melakukan berbagai upaya dan trobosan, melalui peningkatan Pemanfaatan Tekhnologi Informasi, modernisasi,  dan inovasi layanan pendapatan daerah untuk mendukung terwujudnya peningkatan PAD dan ketersediaan sumber Pendanaan Daerah yang maksimal. 

Upaya-upaya terobosan tersebut di antaranya,  Samsat non stop service,  Aplikasi e-Samsat, Pendataan Kendaraan Plat Luar Daerah secara Online,  Manajemen Mutu Pelayanan ISO 9001:2015, aplikasi E-STS Retribusi Online,  Agent Samsat,  Samsat Desa dan Samsat Pasar, Integrasi Data dengan Kepolisian, Pelita (Pembayaran Pajak Lima tahun), Samsat Kartini/Ladies dan Samsat Bahari. 

"Kami selalu berusaha meningkatkan pelayanan dan penegakan hukum dalam meningkatkan pajak kendaraan.  Karena target yang tinggi, berbagai hal kami lakukan. Salah satunya menggelar operasi gabungan yang setelah puasa ini kami jadwalnya sebanyak 15 kali," jelas Muksin selaku Kabid Retribusi. (tim media)