Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/diskominfotikntb/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Pengalaman Pertama Naik Kapal Perang di MNEK 2018

Rasa bangga dan senang yang dirasakan oleh pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Selong Lombok Timur (Lotim) NTB, saat mengikuti pelayaran kebangsaan di atas KRI Tongkol milik TNI AL usai pembukaan event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Diatas kapal perang KRI Tongkol milik TNI AL akan melakukan Pelayaran Kebangsaan. Kegiatan ini mengikutsertakan sebanyak 400 pelajar SMA se-NTB.  Para pelajar akan menaiki KRI Makassar 590.  mulai Pukul 08.00 s.d. 22.00 wita, bertempat di Pelabuhan Lembar. Pelajar SMA 2 Selong Lotim,  Yuspian Kholit Algifari, Kls X IPA III, menuturkan bahwa ini kali pertama merasakan naik di atas kapal perang. Tentunya berbeda dengan kapal Ferry untuk penumpang. Perbedaan itu terlihat dari kecepatannya dalam berlayar, fasilitas yang dimiliki kapal.

“Ini pengalaman pertama saya, saya bangga dan senang. Kapal KRI Tongkol yang kita naiki ini memiliki alat utama sistem senjata (Alutsista) body kapal yang kokoh dan bersih,berbeda dengan kapal pada umumnya, TNI AL Hebat,” ujar Yuspian Kholit Algifari berapi-api di atas dek kapal tempur tersebut.

Tidak kalah serunya dengan apa yang diungkapkan oleh pelajar lainnya, Lutfi siswa Kls XI IPA II, Saya senang sekali bisa mencicipi naik kapal perang. Tidak terbayang sebelumnya bisa berjumpa dengan para petinggi dan perwira TNI  dan petinggi AL dari 37 negara.

“Tidak terbayang, dikapal perang ini saya perhatikan bapak-bapak yang saya jumpai dipangkat pundaknya berbintang 1 dan 2 juga. Artinya saya bisa berjumpa para jenderal dari TNI AL dan jenderal AL Negara lain peserta MNEK,” cerita Lutfi dengan bangga. Bahkan diakhir wawancaranya, remaja pemilik nama lengkap Lutfi Fitroni Nafwari kelahiran Lombok Timur ini bercita-cita ingin menjadi tentara dan masuk menjadi TNI AL. Lutfi melihat banyak orang yang tidak mengetahui betapa hebatnya tentara kita, khususnya TNI AL.

Pengalaman yang sama dirasakan oleh Estu widyanti siswi Kelas XI IPA V SMA 2 Selong Lotim. Dia menceritakan saat awal naik ke kapal tadi sempat takut dan deg-degan karena pengalaman pertamanya. “Saya takut awal naiki pesawat ini tadi pak, ragu-ragu karena pertama namun karena teman-teman pelajar sudah terlihat diatas akhirnya saya naik juga ke atas kapal perang ini,” cerita Estu.

Selain itu pelajar SMA 2 Selong, siswa SMP 1 Selong dan Kepala Sekolah Syafrudin, S. Pd terlihat senang menikmati pelayaran kebangsaan. Siswa Kelas VII dan merupakan ketua Osis Arif bersama siswa-siswi lainnya mengakui bahwa ini merupakan pengalama pertama berada di atas kapal perang.

“Pelayanan dan suguhan oleh Anak Buah Kapal (ABK) kapal yang terdiri dari pasukan TNI AL ini begitu ramah menawarkan kami jajan dan minuman. Jadi kami merasa nyaman dan mengasikan ketika berlaya,” kata Arif diamini teman-temannyaSenada dengan Pembina Kesiswaan M. Wahyudin dan Musayid dari SMA 2 Selong Lotim ini, menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam kegiatan MNEK 2018 dan pelayaran kebangsaan diundang oleh panitia.  “ Kami datang dengan 5 orang siswa, 2 orang siswi dan 3 orang siswa yang merupakan pengurus Osis. Kegiatan ini bagian dari edukasi bagi mereka,” jelas Wahyudin.

Pelayaran selama 1,5 jam di sekitar pelabuhan Lembar ini dalam rangka  Inspeksi Laut Kapal perang. Pelayaran di ikuti oleh KRI Barakuda Kapal VIP yang disiapkan untuk Protokoler mengangkut pejabat dan KRI Tongkol.

KRI Barakuda memuat para pejabat, peserta dan petinggi militer Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) tahun 2018. KRI Barakuda berisi Mentri Kominfo RI, Rudiantara, Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI Laksamana TNI Ade Supandi serta perwakilan TNI AL dari 37 negara.

Dari dari kanan dan kiri kapal KRI Tongkol dan Barakuda melewati Sebanyak 55 kapal perang beserta 5500 prajurit gabunganTNI AL dari 37 negara. Anak Buah Kapal (ABK) memberi hormat dan menyambut 2 kapal inspeksi laut milik TNI AL. Rombongan dapat  menyaksikan kapal-kapal perang dari 37 negara tersebut.Dalam mengawal 2 kapal perang yang melakukan inspeksi tersebut dari sisi kiri dan kanan kapal rombongan VIP dikawal ketat oleh TNI AL yang bersenjata lengkap. Sepanjang pelayaran tamu VIP  2 kapal inspeksi ini disuguhi atraksi dan akrobatik dari TNI AL dalam mengawal perjalanan kapal. Tampak sambutan disiapkan juga puluhan nelayan dengan perahu tradisional dalam MNEK 2018.

Helicopter TNI AL yang terbang melintasi kapal rombongan  mengawal terus pelayaran sebagai bentuk penyambutan di udara hingga kembali bersandar di dermaga Lembar. (Edy)