Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/diskominfotikntb/public_html/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Pengobatan Gratis MNEK 2018 Diserbu Masyarakat KLU

Penyuluhan dan pengobatan gratis yang diadakan TNI angkatan laut sebagai rangkaian kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) tahun 2018, diserbu masyarakat Lombok Utara. 

Kegiatan yang berlangsung di pelabuhan Carik kabupaten Lombok Utara ini diadakan selama tiga hari mulai 6-8 Mei 2018. Animo masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis hingga hari kedua pelaksanaannya pada Senin (07/05) cukup tinggi. 

Beberapa masyarakat yang datang menuturkan sangat senang dengan adanya pelayanan kesehatan gratis tersebut. Selain bisa menghemat biaya pengobatan yang sebelumnya dilakukan di rumah sakit atau puskesmas, juga bisa langsung berkonsultasi terkait berbagai penyakit yang diderita. Bahkan untuk beberapa penyakit berat yang membutuhkan operasi ditangani langsung oleh dokter ahli dari luar negeri.

Ratminep warga asal Bayan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. "Saya senang karena kita dilayani dengan baik, apalagi dokternya ramah," ujarnya.

Warga yang lain Ahmad Sumaidi merasa sangat terbantu dengan adanya penyuluhan dan pengobatan gratis yang diadakan TNI angkatan laut dalam rangka MNEK tersebut, karena bisa menghemat biaya pengobatan yang sebelumnya dilakukan di rumah sakit dan puskesmas. "Saya baru pertama kali datang kesini sejak dibuka kemarin, meski begitu saya sangat senang karena buat kita yang tidak punya banyak biaya untuk ke rumah sakit, jadi cukup terbantu, apalagi buat saya yang punya riwayat penyakit darah tinggi, semoga pengobatan seperti ini bisa diadakan lagi di NTB terutama di KLU," tutur warga asal Lokok Aur Bayan KLU Bayan tersebut. 

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya, Sukrin warga Lokok Aur Bayan KLU ini mengatakan, penyuluhan dan pengobatan gratis dalam rangka MNEK 2018 tersebut sangat bagus, terlebih lagi pelayanan kesehatan yang diberikan sangat teratur dan tertib, "Antrian juga tidak lama, peralatan kesehatannya juga lengkap, petugas dan dokternya ramah dan baik, saya cukup puas dengan pelayanan yang diberikan, semoga nanti ada lagi yang seperti ini," ungkapnya. 

Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Lombok Utara Samsul Bahri, S.sos MM mengatakan, antusiasme masyarakat cukup tinggi, buktinya hingga hari kedua masih banyak yang mendaftar. 

Posko yang disediakan petugas medis dari TNI angkatan laut untuk melayani pengobatan gratis ini berada di dua lokasi, dimana untuk pelayanan kesehatan secara umum, berada di dermaga. Sementara untuk pelayanan kesehatan beberapa penyakit yang membutuhkan operasi berada di atas kapal. Kapal yang digunakan untuk melayani pasien  juga merupakan kapal khusus yang didesain sekelas rumah sakit tipe B.

Warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma alias gratis ini. Cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu BPJS kesehatan dan langsung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. (Tim media)