PROGAM TANCAP GAS, PRODUKTIF DUKUNG KETAHANAN PANGAN KELUARGA

Usai melaksanakan silaturahmi dan dialog dengan ibu-ibu para kader PKK Kabupaten Sumbawa di Pendopo Bupati Sumbawa, Sabtu siang (8/7/2017), Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, bersama istri, Hj. Erica Zainul Majdi beserta rombongan berkenan meninjau secara langsung pemanfaatan lahan pekarangan, melalui Program TANCAP GAS yang dikembangkan warga Desa Srading Kecamatan Moyo ilir Kabupaten Sumbawa.

Pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam cabe integrasi unggas (TANCAP GAS) tersebut, merupakan salah satu bentuk inovasi atau pengembangan dari program yang digagas Ketua Tim PKK Provinsi NTB, Hj. Erica dalam upaya mendukung ketahanan pangan keluarga di Nusa Tenggara Barat.

Istri orang nomor satu di NTB tersebut sebelumnya dalam berbagai kegiatan dan pertemuan dengan para kader PKK serta forum-forum organisasi perempuan lainnya, selalu mengingatkan tiga hal penting sebagai pilar menguatkan keluarga. Pertama, memanfaatkan pekarangan yang kosong dengan menanam tanaman pangan. Kedua, membudayakan hidup bersih dan sehat dengan membiasakan anak-anak dan keluarga kita mencuci tangan pakai sabun. Dan ketiga adalah mengawasi dan mendampingi anak anak kita agar tidak menyaksikan adegan dewasa yang dapat merusak mental dan karakter generasi bangsa.

Gubernur NTB selaku pembina PKK dan istri Hj. Erica selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB dalam Kunjungannya di Desa Srading sangat mengapresiasi langkah kreatif yang dilakukan para kader PKK dan ibu-ibu di desa setempat yang mampu mengembangkan suatu program inovatif dalam penguatan keluarga, yakni : Program TANCAP GAS, akronim dari tanam cabe integrasi unggas, sehingga sangat produktif dalam menunjang ketahanan pangan keluarga.

Selain cabe, juga menanam sayur-sayuran dan dengan memanfaatkan kotoran ayam sebagai pupuk kandang, membuat tanaman pekarangan tersebut tumbuh subur dan tampak asri.

Gubernur didampingi istri disambut antusias oleh ratusan warga. Tampak mereka sangat menikmati panorama pekarangan masyarakat Desa Srading yang indah. Di sela- sela kunjungan mendadak tersebut, tidak disia-siakan oleh warga untuk menjalin dialog dengan Gubernur yang juga ulama tersebut. Kepada Gubernur dan Ketua TP. PKK Provinsi NTB, warga berharap supaya ada pembinaan secara lebih intens terhadap kelompok masyarakat, terutama untuk pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan secara lebih produktif.

Terhadap permintaan itu, Gubernur langsung memenuhinya, seraya meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan untuk lebih intens menjalankan program yang menyentuh warga.

Biro Humas dan Protokol NTB