RS Internasional Dukung Moto GP

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan membangun rumah sakit bertaraf internasional di sekitar kawasan sirkuit Moto GP Mandalika Lombok Tengah. Pembangunan RS ini sebagai fasilitas penunjang sekaligus mendukung event berkelas dunia tersebut. 

Keberadaan RS internasional ini rencananya akan mengambil lokasi di lapangan bola desa Sengkol kabupaten Lombok Tengah. Lokasi ini dinilai tidak jauh dari sirkuit moto GP, atau sekitaran 15 menit dari sirkuit moto GP Mandalika. 

Sekretaris Dinas Kesehatan NTB Mardjito, Senin (20/05/19) di Mataram mengatakan, RS tersebut akan dibangun dilahan seluas 5 hektar, dengan rincian 1,5 hektar lahan yang dimiliki dan 3,5 hektar lahan yang akan dibebaskan dengan total anggaran keseluruhan yang akan diberikan pemerintah Pusat sebesar Rp.100 miliar. 

"Untuk tahap pertama, pemerintah Pusat mau ngasi Rp. 40 miliar. Tapi total keseluruhan yang dijanjikan Rp. 100 miliar."katanya. 

Untuk saat ini pihaknya masih melakukan studi kelayakan dan menyusun master plan serta Detail Engineering Design (DED) pembangunan RS tersebut. Rencananya pembangunan RS itu akan di mulai pada tahun 2020 mendatang.

"Rencananya awal 2020 kita mulai pembangunan fisik gedung. Kalau sekarang sedang berproses pembebasan lahan dan mengganti luasan lahan tambahan yang akan dibebaskan di lokasi tersebut."tambah Mardjito. 

Mardjito juga menambahkan, pembebasan lahan tersebut akan diajukan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Provinsi NTB.

"Kalau pembebasan lahan diminta daerah untuk menangani, kita berencana akan menganggarkan pada apbdp dengan anggaran 4,5 miliar"tutupnya. 

Pemerintah juga berencana akan meningkatkan status Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi (RSUDP) NTB menjadi RS bertaraf internasional. Sehingga NTB kedepannya direncanakan akan memiliki 2 rumah sakit internasional. (Luk-tim media).