RSUD PROVINSI NTB, MENUJU PELAYANAN BERSTANDAR GLOBAL

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB hari ini genap berusia 48 tahun. Dalam menapaki usia yang hampir menginjak usia emas ini, rumah sakit terbesar yang dimiliki  masyarakat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut terus berbenah dan bergegas menuju pelayanan unggul dan berstandar global. Pada puncak  peringatan ulang tahun kali ini ditandai  peresmian Gedung Graha Mandalika, di kompleks RSUD Provinsi NTB di Dasan Cermen, Kota Mataram, Senin (6/11/2017).

Graha Mandalika tersebut dihajatkan sebagai Pusat Pelayanan Unggul Terpadu yang dipersembahkan manajemen rumah sakit kepada masyarakat, karena dilengkapi fasilitas pelayanan kesehatan yang sangat lengkap. Diantaranya Poliklinik Mandiri, Laboratorium, Rekam Medis, Loby Informasi, Ruang Diklat, Unit Riset Biomedik, Skill Lab dan Perpustakaan. Dan khusus bagi keluarga para pasien dan kalangan umum, terutama diprioritaskan untuk keluarga pasien yang berasal dari luar Kota Mataram, juga disediakan fasilitas kamar penginapan (Guest House)  sebanyak 24 kamar, terdiri dari kamar deluxe 4 kamar, superior 4 kamar dan katagori standar 16 kamar. Namun bagi keluarga pasien yang ingin memanfaatkan fasilitas guest house tersebut dikenakan biaya dengan tarif  berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp. 450 ribu perhari sesuai dengan kelas kamarnya. 

Sebelumnya di awal tahun 2017 ini  RSUD Provinsi NTB juga telah berhasil mendapatkan Predikat Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan penilaian level tertinggi dalam mutu pemberian pelayanan dan menjamin keselamatan pasien.

Sekretris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiadi Sayuti, M.Sc.,P.hD pada upacara peringatan HUT ke-48 tahun RSUD Provinsi NTB yang digelar di halaman rumah sakit menegaskan, dengan prestasi dan adanya penambahan fasilitas RSUD Provinsi saat ini, akan menjadi motivasi dalam menambah semangat pelayanan kesehatan yang paripurna juga kepada masyarakat di NTB. Sekda berharap kepada seluruh jajaran RSUD Provinsi NTB terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, ''tentunya dengan senyuman dan keramahan sehingga masyarakat akan merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh dokter dan perawat di RSUD ini'', katanya.

Untuk itu, di hadapan para peserta upacara yang terdiri dari pejabat lingkup Provinsi NTB, Forkompinda Provinsi NTB, dokter, perawat dan seluruh civitas RSUD Provinsi NTB Sekda menghimbau kepada seluruh elemen yang ada di RSUD Provinsi NTB, untuk bersinergi dan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik dalam bidang kesehatan kepada masyarakat. ''Untuk dapat terus berinovasi dalam bidang pelayanan kesehatan ini, seluruh elemen di RSUD Provinsi NTB ini harus terus belajar dan belajar, perbanyak membaca buku referensi dengan demikian maka ide untuk terus berinovasi itu akan selalu ada setiap saat'', pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. L.Hamzi Fikri, MM mengatakan, dengan semangat ulang tahun ke-48 RSUD Provinsi NTB dengan tema “RSUD Provinsi NTB Bangga Berkarya” ini akan menjadi semangat baru bagi seluruh civitas RSUD Provinsi, mulai dari dokter, perawat dalam memberikan pelayanan dengan penuh keramahan, senyuman dan keikhlasan, dengan demikian maka sebagai instansi pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyakat akan senantiasa memberikan kepuasan bagi masyarakat. ''Semoga dengan prestasi akreditasi paripurna rumah sakit bintang 5 yang kita peroleh saat ini dan penambahan fasilitas kesehatan yang terus kita benahi sesuai dengan kemajuan teknologi medis yang terus berkembang pesat akan menjadikan RSUD Provinsi NTB sebagai rujukan yang unggul di bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian di Indonesia Timur'', pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara HUT ke-48 RSUD Provinsi NTB, Ketua Dharma Wanita Provinsi NTB Hj. Ikhsanti Komala Rimbun Rosiadi didampingi Sekda NTB dan Direktur RSUD Provinsi NTB melakukan pengguntingan pita diresmikannya Gedung Mandalika dengan fasilitas pelayanan kesehatan dan Guest House.

Biro Humas dan Protokol NTB