SEKDA NTB MERESMIKAN LOKARYA PELATIHAN APLIKASI SELULER RUANG DESA

Dalam membantu pelaksannaan UU Desa, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendesa PDTT ) memiliki mandat untuk mendukung sekitar 21.438 pendamping masyarakat dan pendamping teknik yang memberikan dukungan dukungan untuk pelaksanaan UU Desa. Namun pendamping desa  yang sudah dikontrak saat ini memiliki beban kerja terlalu besar dan masih kesulitan untuk mengakses informasi penting mengenai pelaksanaan UU Desa. Oleh sebab itu Kementrian Desa pada saat ini sedang mencari cara untuk meningkatkan konektivitas antara pendamping dan aparat desa dan kecamatan, serta untuk memantau perkembangan pelaksanaan UU Desa tersebut.

Kemendesa PDTT yang didukung Pemerintah Australia, bekerjasama dengan KOMPAK ( Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan ) dan Ruangguru.com untuk mengembangkan sebuah aplikasi seluler Ruang Desa yang akan digunakan dari bulan Maret hingga Mei 2017 untuk 3 Provinsi yang menjadi prioritas, antara lain NTB, Jawa Timur, dan D.I Aceh.

Acara Lokakarya Pelatihan Aplikasi Seluler Ruang Desa yang bertempat di Hotel Santika Mataram pada hari ini Senin,(3/04/2017) dibuka dan diresmikan langsung oleh Sekda NTB Ir.Rosyadi H. Sayuti, M.Sc, Ph.D. dimana dalam sambutannya Rosyadi mengatakan "Gubernur NTB menyambut baik dengan adanya program aplikasi ini dengan harapan nantinya mampu digunakan oleh masyarakat , cepat dalam update, sehingga sesuai dengan target yang sudah ditentukan agar program ini bisa dimulai" tutur Rosyadi.

Dengan adanya aplikasi ini nanti akan memudahkan dan mempercepat penyampaian dan pertukaran informasi dari desa yang berada di Kabupaten/Kota/Provinsi sehingga akan bermanfaat bagi penyelenggara pemerintahan dalam perencanaan, pengeloaan anggaran dan evaluasi monitoring.

Selain itu pada acara ini turut serta hadir Kadis PMPD DukCapil NTB H.Rusman SH.,MH, Perwakilan Dubes Australia Astri Sartika, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Informasi Dr.Ir. H.M Nurdin MT dan Direktur Produk Ruangguru.com Imam Usman.

Team IKP DiskominfotikNTB