SEKOLAH, TEMPAT MERAWAT SEMANGAT KEBANGSAAN

Bangsa Indonesia saat ini memiliki kekayaan sebagai modal untuk membangun dan merekatkan bangsa. Kekayaan itu berupa keberagaman agama, suku, etnis, budaya dan bahasa. Kebhinekaan ini merupakan kekuatan untuk mebangun dan menjaga keutuhan NKRI. ''Nilai kebangsangaan itu harus tetap dirawat sebagaimana merawat sesuatu yang berharga dalam diri seseorang'', ungkap Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi kepada insan pers usai Ceramah Wawasan Kebangsaan di SMU Kusuma, Cakranegara, Kota Mataram, Selasa (18/04/2017).

Gubernur menegaskan merawat dan menumbuhsuburkan nilai-nilai dan semangat kebangsaan penting dilakukan. Sebab segala sesuatu pasti membutuhkan perawatan agar tetap eksis dan kokoh menjadi modal dasar dalam mendukung kehidupan kebangsaan kita, tegasnya. Ibarat tanaman, jika tidak dirawat, maka ia akan mati, ujar gubernur mengilustrasikan. Karenanya, rasa Kebangsaan, komitmen persaudaraan itu, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Harus tetap dirawat. Dan tempat untuk merawat nilai kebangsaan itu adalah lembaga pendidikan, lembaga keluarga dan masyarakat, ungkap TGB.

Gubernur dua periode tersebut menilai siswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di sekolah akan tamat dan akan berkiprah di dunia nyata untuk membangun bangsa. Sehingga,berbekal nilai kebangsaan yang dipelajari, mereka mampu hidup harmonis dan saling menghormati meski berbeda agama, suku, etnis dan budaya. ''Maka ketika di sekolah mereka mendapatkan nilai-nilai kebangsaan yang kuat, diingatkan berindonesia yang baik, maka setelah keluar itu, dimanapun dia berkiprah pasti nasionalisme dan patriotismenya kuat'',ungkap Gubernur sekaligus ulama tersebut. Gubernur yang akrab disapa TGB tersebut ingin mengingatkan semua bahwa pertahanan, ketahanan bangsa itu tidak semata pekerjaan dari pemerintah, atau lembaga-lembaga negara. Tetapi juga tugas yang harus selalu dilaksanakan oleh lembaga pendidikan dan orang tua-orang tua siswa. TGB berharap, ketika lembaga pendidikan itu tersemaikan nilai-nilai kebangsaan yang kuat, maka Indonesia akan jauh lebih baik dan hebat lagi di masa yang akan datang. Selain itu,TGB menyampaikan kemitmen kebangsaan itu harus lahir dari ketulusan. Ketulusan tersebut tercermin dari sikap menghargai secara setara satu sama lain dan tidak merendahkan siapapun. ''Kita adalah sama dan setara. Inilah komponen semua yang membentuk Indonesia ini,''tutur Gubernur.

 

Biro Humas dan Protokol NTB