TUMBUHKAN SEMANGAT PEDULI LINGKUNGAN, DINAS LHK NTB GELAR JALAN SANTAI BERSIH SAMPAH

Sebagai rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 34 yang jatuh pada tanggal 16 Maret 2017, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB mengadakan kegiatan Jalan Santai Bersih Sampah Minggu (26/03/2017). Kegiatan diikuti oleh karyawan/karyawati Dinas LHK Provinsi NTB, KPH, Balai Laboratorium, Tahura Nuraksa dan karyawan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lingkup Provinsi NTB.

Jalan santai dikemas dalam bentuk Tim Keluarga dengan melibatkan anggota keluarga yang didominasi oleh anak-anak karyawan/karyawati. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Plt. Kepala Dinas LHK NTB Bpk Ir. Madani Mukarom, M. Si adalah dalam rangka menumbuhkan rasa cinta dan perduli lingkungan sejak dini. “Anak-anak dibentuk oleh lingkungannya, kewajiban kita untuk menularkan nilai-nilai kebaikan diantaranya cinta kebersihan kepada mereka, ungkapnya.

Peserta yang memadati kegiatan tersebut tampak semangat di tengah guyuran hujan gerimis yang turun sejak subuh. Setiap tim dibekali dengan kantong plastik dan sarung tangan untuk memungut sampah. Acara jalan santai dimulai dari depan halaman kantor Dinas LHK NTB-Seruni-belok kiri Jln Swakarya-Jln Majapahit dan Finish kembali di kantor Dinas LHK NTB. Tampak hadir juga di tengah-tengah peserta, petugas Kepolisian dari Polsek Mataram dan tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat untuk mendukung kelancaran acara.

Seluruh sampah hasil kegiatan dikumpulkan di halaan kantor Dinas LHK NTB untuk kemudian diangkut oleh petugas dari Dinas LH Kota Mataram. Tercatat dari hasil pengumpulan sampah sebanyak 80 an kg. “Bukan jumlah sampah yang menjadi tujuan akhir kegiatan ini melainkan kesempatan bagi anak-anak kita untuk belajar langsung dan perduli terhadap kebersihan lingkungannya, tegas Firmansyah selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut.

Kegiatan ini juga merupakan upaya memupuk semangat solidaritas diantara keluarga rimbawan, jelasnya. Kegiatan serupa akan dilaksanakan juga pada tahun ini dengan perluasan skala kegiatan dan mengambil lokasi yang menurut hasil pemantauan membutuhkan sentuhan dan tindakan dari kita semua, pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lomba dengan anak-anak sebagai pesertanya antara lain Balap karung, lari kelereng, makan kerupuk, memasukkan pensil ke botol dan lomba mewarnai.

 

Dinas Kehutanan Prov.NTB