Wagub NTB Dorong Pola Hidup Bersih dan Sehat

Di NTB, bidang kesehatan makin baik, baik fasilitas maupun sumber daya daya manusia (SDM) terus meningkat.

Namun tantangan terbesar kita saat ini adalah meningkatkan dan mengubah pola hidup masyarakat. Budaya hidup bersih harus di implementasikan dalam kehidupan masyarakat.

"Pekerjaan rumah terbesar kita dibidang kesehatan adalah pola hidup masyarakat kita, sehingga pola hidup supaya dapat hidup bersih dan sehat, ini harus terus diterapkan di masyarakat kita," ajak Ummi Rohmi.

Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd membuka secara resmi Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) se Prov. NTB, Rabu (13/3) di Golden Palace Kota Mataram.

Wagub NTB, mengapresiasi Rakerkesda se-NTB yang dihadiri Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K)

"Kehadiran Ibu Menteri memberi semangat dan suport kepada peserta Raker dan Workshop," kata Sitti Rohmi Djalillah

Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) harus memiliki target sehingga mampu meningkatkan dan menghasilkan nilai yang baik bagi kesehatan di NTB.

Didepan Menteri Kesehatan RI, Wagub NTB menceritakan bahwa NTB pertengahan tahun 2018 lalu diguncang bencana gempa bumi.

"Pasca gempa bumi, kami harus menata kembali, membangun kembali fisik dan mental kami, tapi saat ini kami sudah bangkit dan mulai berlari," kata Wagub.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp. A, MPA menyampaikan bahwa hasil Raker ini akan ada Rencana aksi (Renaksi).

"Hasil Rakerkesda NTB ini adalah Renaksi kemudian ini yang akan diterapkan di Kabupaten/Kota se NTB," jelas Kadiskes NTB.

Ada 5 persoalan yang menjadi isu diskusi dan renaksi di raker yaitu, persoalan Stunting, penurunan angka kematian ibu dan kematian bayi dalam 7 hari pertama kehidupan, penyakit tidak menular, TBC dan Imunisasi.

Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) membuka juga sesi diskusi permasalahan disektor kesehatan bersama Menteri Kesehatan yang dipandu Kadiskes NTB.

Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Melalui Pertemuan Rakontek Terpadu Bidang Kesehatan Prov. NTB, mengusung tema Mengusung Tema Kolaborasi Program Kesehatan Pusat dan Daerah Menuju NTB Gemilang

Acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) se NTB, berlangsung selama 4 hari sejak Senin 11 hingga 14 Maret 2019, yang diikuti oleh Kadiskes Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor di tingkat Provinsi NTB.

Wagub Hj. Sitti Rohmi Djalillah didampingi Menkes RI Nila Djuwita F. Moeloek, Ketua PKK NTB Hj. Niken Zulkieflimansyah dan Kadiskes Prov. NTB Nurhandini Eka Dewi, memukul gendang beleq
menandai pembukaan secara resmi Rakerkesda se Prov. NTB. ( Edy-Tim Media)