Zero Waste di Arena Inspiratif Expo

Setelah vakum beberapa bulan, akhirnya Inspiratif Expo perdana tahun 2019 kembali digelar di jalan Carfreeday Udayana, Mataram (10/2). Gelaran tiap hari Minggu pagi kali ini dengam tema melaunching "Zero Waste" di arena carfreeday Udayana yang dirangkaikan dengan Peringatan HUT Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan  (BPOM) Provinsi NTB yang Ke-18.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengajak masyarakat untuk menjaga bumi dengan membuang sampah pada tempatnya. Kelestarian alam perlu dilindungi dengan kebiasaan tidak membuang sampah disembarang tempat.

"Mudah-mudahan kesadaran kita untuk menjaga lingkungan tetap ditingkatkan dari diri sendiri. Jangan sampai kita tidak dapat hirup udara segar disebabkan kebiasaan kotor yang kita lakukan" harapnya 

Menjaga bumi NTB agar tetap bersih merupakan kewajiban masyarakat itu sendiri. Sedangakan Pemerintah terus berupaya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, tanpa harus menunda-nunda "kita harus sukses menciptakan daerah bebas sampah atau zero waste. Ini merupakan pekerjaan yang berat dan bukan pekerjaan yang ringan yang harus sama-sama kita perjuangkan," tegas Ibu wagub.

Sementara bupati dan wali kota se-NTB sudah menyetujui dan akan terus diperjuangkan agar semua daerah NTB bebas dari sampah. Selain itu, Hj. Sitti Rohmi juga berharap dengan adanya gelaran inspiratif expo gagasan Dinas Kominfontik NTB dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup NTB.

"Rugi kalau dinas-dinas tidak memanfaatkan gelaran ini untuk menyampaikan hal-hal baik. Sehingga masyarakat tahu tentang perkembangan NTB. Kita juga mengucapkan selamat HUT BPOM yang ke-10" ungkap wakil gubernur.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Drs. Tribudipraytno menyampaikan, gelaran perdana Inspiratif Expo tahun 2019 sekaligus tahun ketiga telah berhasil memberikan suasana baru bagi pengunjung carfreeday Udayana. Sehingga pada gelaran kali ini dengan tema zero waste mengajak masyarakat bagaimana pentingnya menjaga lingkungan yang bebas dari sampah.

"Kami juga sudah menyiapkan tempat-tempat sampah yang sesuai dengan standar yang berlaku. Alhamdulillah juga pada hari ini juga ada lomba mengumpulkan sampah bagi masyarakat dengan menyediakan beberapa dooprize," jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa di arena Inspiratif Expo sudah banyak layanan gratis yang disiapkan, dari kuliner murah meriah, layanan kesehatan gratis, senam bersama dan voucer makanan gratis bagi para pengunjung yang tidak pernah hilang dalam gelaran ini.

Launching Zero Waste ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Wakil Gubernur didampingi oleh  Sekda Provinsi NTB Rosiady Sayuti, Kepala Kominfotik, Drs. Tribudipraytno, Kepala Dinas LHK, Madani Mukarom, Direktur RSUP NTB, Hamzi Fikri, Kepala Dispora, Husnanidiaty, Kepala BPOM beserta jajarannya.

 

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan lomba-lomba, pembagian hadiah dan voucher, pembacaan puisi oleh mahasiswi Universitas Mataram, Musik dan lain-lain. (Man-Tim Media)