Jabar, 27 Januari 2023. Saat berkunjung ke Jabar Command Center, Dinas Kominfotik NTB di sambut oleh Tim Jabar Digital Service yakni Tim yang menegelola Jabar Command Center. Salah satu yang menarik perhatian Tim Dinas Kominfotik yang berkunjung adalah kanal aduan cepat tanggap yang di miliki oleh Pemprov Jabar. Jika Nusa Tenggara Barat ada NTB Care di Jawa Barat ada Jabar Quick Response (JCR).
Aditya slaku TIm JQR dan didampingi oleh sluruh Tim JQR memaparkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan kanal aduan kemanusiaan yang khusus diperuntukkan bagi warga Jawa Barat. Kanal tersebut dinamakan Jabar Quick Response atau JQR. JQR merupakan sebuah inovasi gerakan sosial yang didirikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada 18 September 2018.
Lanjutnya untuk menjawab urgensi terhadap kondisi darurat yang tengah menjadi pokok masalah di kalangan masyarakat Jawa Barat teruma sosial, kemasyarakatan dan kesehatan. Kegiatan mencakup penanganan masalah kesehatan, masalah rawan gizi, masalah pendidikan, masalah rumah darurat roboh, masalah jembatan, masalah desa darurat listrik, serta masalah kebencanaan dll
Menurut Ari Wahyuddin, S.STP. Kepala UPTD Pusat Layanan Digital Dinas Kominfotik NTB JQR dinilai telah sukses dalam merespon dan menyelesaiakn aduan yg masuk melalui JQR, oleh karena itu Pemerintah NTB khususnya UPTD Pusat layanan digital dalam hal ini NTB Care ingin mempelajari praktik baik apa yg telah dilakukan oleh tim JQR dalam memfollow up aduan hingga penyelesaiannya.
“Semoga kedepan dalam perkembangannya NTB Care dapat sebaik JQR dalam menindaklanjuti aduan masyarakat” pungkas Ari sapaan akrabnya.