Latest News

Kehadiran Program pengaduan masyarakat yang digagas Dinas Kominfotik NTB, kini mulai diminati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat NTB. Salahsatu program unggulan Pemrov. NTB mampu dengan cepat dan lugas, tanpa melewati administrasi  dan birokrasi yang berbelit, menindaklanjuti semua aduan dan masukan masyarakat.

Salahsatu tokoh pemuda asal Dompu, yang pernah merasakan manfaat NTB care, mengaku media ini jawaban pasti atas kerisauan ataupun kebingungan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah, sehingga dapat dengan cepat, solutif, terpercaya ditanganai dan ditindaklanjuti.

“NTB Care menjadi mata dan telinga Pemrov. NTB, sehingga keberadaannya selalu ada ditengah masyarakat,” Tokoh Pemuda NTB,   Yan Mangandar Putra, SH.,MH, pada saat acara “Bincang Gemilang” yang digagas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Jum'at (24/12/2021) di Aula Dinas Kominfotik NTB.

Keberadaan NTB Care diera Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wagub Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, sangat dirasakan manfaatnya ditengah kebuntuan komunikasi dan aspirasi masyarakat yang selalu lambat direspon pemerintah. 

“Saya sebagai perwakilan elemen masyarakat, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa untuk Bang Zul dan Ummi Rohmi,”ujar alumni Fakultas Hukum Unram ini.

Ia menceritakan kejadian saat salahsatu Kadis OPD Pemrov. NTB yang menghubungi via Handphone, salahaatu camat di Dompu menanyakan keberadaan masyarakatnya yang akan diberikan bantuan.

“Camat itu kaget, karena sebelumnya saya adukan melalui NTB Care, warganya yang membutuhkan kursi roda. Tim NTB Care langsung berkoordinasi dengan Dinas terkait, untuk turun langsung ke lapangan membawakan bantuan,” papar Yan.

Begitu juga dengan persoalan 6 nelayan NTB yang ditahan aparat, akibat tertangkap karena dugaan melakukan penangkapan ikan dengan cara merusak ekosistem laut. Ia bersama Tim Hukum Unram melakukan pendampingan, namun yang menjadi persoalan adalah keluarga ke 6 nelayan, yang tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya akhirnya mencoba mengadu ke NTB Care, agar kebutuhan keluarga mereka dapat dipenuhi selama penahan,”ujar Yan.

Sekali lagi diluar dugaan, Tim NTB care langsung meserpon dan menindaklanjuti dena berkoordinasi dengan OPD terkait, untuk mendatangi keluarga korban. Kehadiran Pemerintah ini bagi keluarga nelayan tersebut sangat menyejukan dan diperhatikan oleh pemerintah.

Sehingga dengan proses dan komunikasi yang intens dibantu oleh Pemerintah, ke 6 nelayan tersebut dapat bebas dan berkumpul bersama keluarga.


Ia berharap NTB Care selalu terus hadir ditengah masyarakat. Menerabas semua system tanpa batas, aturan yang yang terlalu kaku selama saat masyarakat membutuhkan layanan dasar dalam kebutuhannya.

“Selain itu, respon dan koordinasi semua pemerintah baik itu Provinsi, Kabupaten/Kota BUMN, BUMD, lembaga vertical, harus lebih intens dibangun agar, keberhasilan NTB Care terus bertahan dan pelayanannya lebih baik lagi,”tutup tokoh pemuda ini.

​​​​​

Aduan, Kritik & Saran

3 + 6 = ?