Latest News

Mataram, Diskominfotik NTB - Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM memaparkan Progres Digitalisasi Layanan Kesehatan di NTB dihadapan Tim Sekretariat Kabinet yang berlangsung di Kantor BPS Provinsi NTB, Kamis (06/06).

 

Doktor Najam menjelaskan bahwa digitalisasi layanan kesehatan di NTB sudah tersedia di portal NTB Satu Data. "Apa yang diinput di satu sehat itu sudah diinput di NTB Satu Data, Alhamdulilah sampai sekarang progres percepatan pengumpulan data tahun 2023 - sampai dengan bulan Juni 2024 persentase data sektoral sebanyak 86,5 persen," jelasnya.

 

Progres kunjungan portal NTB Satu Data dari tahu 2020 sebanyak 242.313 kunjungan hingga Pada tahun 2023 kunjungan Portal NTB Satu Data sebanyak 1.749.285 kunjungan.

 

"NTB Satu Data merupakan portal open source yang dikawal oleh Dinas Kominfotik NTB yang suda berjalan sejak tahun 2019," jelasnya.

 

Capain NTB Satu Data pada tahun 2023, diantaranya Top 10 Nasional pada Hasil Assesment SDI, meraih poin penuh pada Innovative Government Awards 2023, menjadi salah satu inovasi Pemprov NTB dalam Open Government Partnership (OGP), membentuk Tim Penilai Internal EPSS secara resmi dan Top 5 Nasional pada Penilaian EPSS 2023.

 

"Dengan jumlah 1.200 datasheet yang sudah kami bagi pakaikan, itu juga hasil dari validasi data dan forum data yang terus dibantu oleh BPS NTB, salah satunya terkait dengan kesehatan dan pendidikan," ungkapnya.

 

Edwin J.H. Wuisang selaku Asisten Deputi Bidang Pertahanan, Keamanan, Komunikasi, dan Informatika Sekretariat Kabinet RI mengatakan bahwa penanganan stunting di NTB sudah sangat signifikan, salah satunya dengan adanya portal NTB Satu Data. 

 

"kolaborasi ini terkait untuk menyukseskan program pemerintah untuk memenuhi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia, ".(Serly/her/diskominfotikntb)

Aduan, Kritik & Saran

4 * 6 = ?