Latest News

Bali - BPS RI selaku Pembina Data menyelenggaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dengan tajuk Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 10-11 Juli 2024 di The Stones Hotel Bali. 

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penyelenggaraan statistik sektoral yang berkualitas di level pengambil kebijakan pada pemerintah daerah, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara BPS dengan walidata pemerintah daerah serta mendorong penguatan kelembagaan dalam penyelenggaraan statistik sektoral di tingkat pemerintah daerah.

 

Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan dari NTB seperti Kepala BPS NTB, Drs. Wahyudin, Koordinator Pembinaan Statistik Sektoral BPS NTB Wini Widiastuti dan Statistisi Dinas Kominfotik NTB Iqbal Julianto. Total peserta pada Rapimnas tersebut sebanyak 238 orang, yang terdiri BPS RI, Kepala BPS Provinsi se-Indonesia, Koordinator Tim Pembina Statistik Sektoral BPS Provinsi se-Indonesia, Kepala Dinas Urusan Statistik (Walidata) Pemerintah Provinsi se-Indonesia, Kepala Dinas Urusan Statistik (Walidata) Pemerintah Kab/Kota se-Bali, Kepala Bidang/Seksi/Koordinator/Fungsional yang menangani Urusan Statistik Pemerintah Provinsi se-Indonesia, Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Bali, Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Dalam Negeri. 

 

 

Deputi Bidang Metodologi Dan Informasi Statistik BPS RI saat membuka kegiatan tersebut menekankan, kebutuhan data statistik semakin kompleks. Pada sisi lain dari segisumber data semakin berkembang. Sehingga diperlukan pengelolaan data yang baik untuk meningkatkan kualitas data.

 

Dalam acara tersebut dihadiri oleh enam narasumber, yakni narasumber dari Kemendagri, KemenPANRB, Kemenkominfo, KemenPPN/Bappenas, Direktur Diseminasi Statistik, dan Australian Bureau of Statistics.

 

Kegiatan dirangkaikan dengan Penandatanganan Kesepakatan Komitmen Penyediaan Data Statistik Sektoral yang Berkualitas antara BPS Provinsi (Pembina Data) dengan Dinas Kominfotik Provinsi (Walidata). Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dalam Sistem Statistik Nasional. Kolaborasi antara BPS dan K/L/D ditujukan untuk memperkuat Sistem Statistik Nasional dan menghasilkan Statistik Resmi Negara (official statistics) yang obyektif, independen, berkualitas, dan terpercaya. 

 

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 10 hingga 11 Juli 2024 di The Stones Hotel dan di Kantor Gubernur Provinsi Bali. Iqbal/ser/her/diskominfotikntb)

Aduan, Kritik & Saran

5 * 8 = ?