Latest News

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB  terus melakukan koordinasi dengan pihak provider seperti, Telkomsel, XL dan Indosat terkait ketersedian dan pemasangan BTS dan Media Center di area venue Samota.

Base Transceiver Station atau disingkat BTS merupakan infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Hal itu dilakukan untuk mendukung suksesnya event internasional MXGP atau balapan Motor Cross yang akan digelar di Samota Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni 2022 mendatang.

"Ketersediaan BTS dan Media Center di area venue Samota menjadi faktor utama yang terus kami koordinasikan," ungkap Kepala Bidang Sandi Kami Dinas Kominfotik NTB, Lalu Amjad di area Samota Sumbawa, Jumat (10/06/22).

Lalu Amjad menjelaskan bahwa pihak XL akan memasang sebanyak dua BTS di kawasan venue samota, yang nantinya Akan mengcover kebutuhan sinyal di area parkir dan bazar UMKM masyarakat NTB.

Sedangkan Telkomsel sudah dipastikan aka memasang sebanyak lima BTS, tiga BTS akan dipasang di area veneu samota, dua di luar venue sekitar jalan raya menuju kawasan samota. Sedangkan satu BTS akan dipasang di kawasan Seaside hotel dan sekitarnya.

"XL dipastikan akan mulai memasang BTS pada Senin 13 Juni 2022. Kemudian Telkomsel ditargetkan tuntas pada 15 Juni 2022," ungkapnya.

Dilanjutkannya, pihak Indosat juga memiliki komitmen untuk menyediakan BTS di area samota, dengan melakukan koordinasi awal dengan pihak PLN. Sehingga targetnya pemasangan paling lambat pada 20 Juni 2022.

Selain itu, Diskominfotik NTB juga telah melakukan koordinasi untuk penyediaan Media Center. Direncanakan akan dibangun  di Aiq Loang (Media Center Lokal) dengan model camping ground 

"Kami juga menerima tawaran dari Pemda kabupaten Sumbawa bahwa untuk pembangunan media center lokal disarankan dibangun tepat di depan area sirkuit MXGP atau di seberang jalan sekitar area parkir yang berhadapan dengan sirkuit tutupnya.

Sementara itu, pewakilan Telkomsel, Edy mangatakan, penyediaan materialnya dan berdasarkan musyawarah dengan pihak PLN, Telkomsel akan segera menyiapkan sejumlah material yang dibutuhkan. Begitu juga dengan PLN sudah dipastikan akan menyiapkan segala kebutuhan kelistrikan sebelum event MXGP digelar di samota Kabupaten Sumbawa. 

"Intinya, pihak Telkomsel akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan internal mereka terkait dengan penyediaan material yang dibutuhkan dalam pemasangan BTS," tambahnya.


Dalam kegiatan kunjungan di area Samota tersebut, untuk memperkuat koordinasi dengan pihak provider dan Pemda kabupaten Sumbawa dalam rangka mensukseskan event internasional MXGP yang akan digelar pada 24-26 Juni 2022 mendatang.

Aduan, Kritik & Saran

7 - 2 = ?