Latest News

Lombok Timur - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kominfotik NTB), Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM, menerima silaturahim Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB rangkaian program Jumat Salam putaran ke 12 di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Kamis (1/2/2024) malam di Vila Bale Gantar, Desa Sajang.

 

Pertemuan itu bertujuan untuk menjajaki kerjasama sosialisasi literasi keuangan digital di kalangan masyarakat NTB.

 

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak membahas potensi kerjasama yang sebelumnya pernah di bahas di kantor Diskominfotik NTB. Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai literasi keuangan digital.

 

Kadis Kominfotik NTB tetap berkomitmen untuk mendukung program literasi keuangan yang dapat memberikan manfaat luas di tengah masyarakat. 

 

“Kami dari Diskominfotik siap dengan segala sumber daya yang kita miliki untuk mensosialisasikan kemudian melakukan penyadaran serta edukasi untuk masyarakat,” ujar Dr Najam.

 

Berdasarkan informasi yang diketahuinya, di Kabupaten Lombok Timur terdapat Investasi bodong baru, sejenis investasi bodong FEC yang sebelumnya menyita perhatian masyarakat, sehingga kerjasama dengan OJK terkait Literasi keuangan digital tersebut perlu dilakukan diberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan keuangan secara digital.

 

“Sekarang di Lotim ada FEC nama baru, atau investasi bodong nama baru. Kami sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan OJK NTB dalam upaya meningkatkan literasi keuangan digital di NTB,” tambah Dr. Najam. 

 

Dr. Najam menilai, strategi komunikasi yang akan digunakan dalam mengedukasi masyarakat akan menggunakan media sosial, mengingat masyarakat banyak menggunakan media sosial, sehingga setiap hari mereka akan teredukasi, dan tentunya akan memanfaatkan media sosial official yang dimiliki oleh OPD tingkat Provinsi bahkan Kabupaten /Kota. 

 

“Maka sekarang yang kita pakai itu media sosial karena medsos ini tiap hari dilihat oleh semua orang, setelah itu memanfaatkan media sosial official yang dimiliki oleh OPD,” jelasnya. 

 

Perwakilan OJK NTB Muhamad menyambut baik inisiatif Dinas Kominfotik NTB dan menyampaikan pentingnya literasi keuangan dalam menghadapi perkembangan teknologi keuangan tentunya dengan bersama-sama, dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola keuangan secara pintar dan aman

 

"Kerjasama dengan pemerintah daerah sangat strategis untuk mencapai lebih banyak masyarakat dengan program literasi keuangan digital masyarakat akan pintar mengelola keuangan digital,” ujarnya.

 

Rencana kerjasama tersebut nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan kampanye literasi keuangan digital yang akan diadakan di berbagai wilayah di NTB.

 

Diharapkan, melalui kerjasama itu, masyarakat NTB dapat lebih siap dan percaya diri dalam menggunakan layanan keuangan digital yang semakin berkembang.

 

Kaitan dengan ini, Kadis Kominfotik NTB sangat antusias untuk segera mengimplementasikan program-program literasi keuangan digital.

 

“Kerjasama ini adalah langkah konkrit dalam mendukung inklusi keuangan dan mempersiapkan masyarakat menghadapi perubahan keuangan digital," terang mantan Kasat Pol PP Pemprov NTB ini. (Panda/her/diskominfotik)

Aduan, Kritik & Saran

2 + 7 = ?