Latest News

Mataram - - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M menjelaskan terkait pentingnya penggunaan internet sehat dan aman bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan sehari – hari dalam menunjang aktivitas masyarakat.

“Saat ini kita memasuki era banjir informasi, berbeda dengan dulu untuk mendapatkan informasi harus mencari di surat kabar atau pergi ke perpustakaan yang berbeda – beda, dengan semakin luasnya digitalisasi sudah seharusnya masyarakat sadar akan penggunaan internet yang sehat dan aman,” tutur Doktor Najm saat memberikan materi dalam acara Silaturahmi Korem 162/Wira Bhakti Dengan Aparat Pemerintah Provinsi NTB “Pemanfaatan Media Sosial Di Era Digital” yang berlangsung di Korem 162 Wira Bhakti, Senin (28/03).

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat waspada terhadap bahaya tersembunyi yang seringkali terjadi diantaranya Cyber Bullying, Cyber Stalking, Cyber Gambling, Cyber Fraud, Phising, Haki, Data Pribadi, Foto atau Video.

“Jangan mudah percaya dengan kenalan online, batasi pemberian informasi yang bersifat pribadi dan sebagainya,” himbaunya.

Selain itu, penyebaran pemberitaan palu atau hoax sering kali terjadi. Berbagai elemen berita hoax yang harus diperhatikan, diantaranya menggunakan kalimat persuasive, artikel penuh huruf besar dan tanda seru, merujuk pada kejadian dengan istilah seperti kemarin, dua hari yang lalu, seminggu yang lalu dan lebih merupakan opini dari seseorang, bukan fakta.

“Informasi yang kita dapatkan agar dapat diperhatikan jangan langsung diterima, banyak informasi dari berbagai platform yang tidak bisa diterima begitu saja,” ungkapnya. (ser/irf/diskominfotik)

Aduan, Kritik & Saran

4 + 8 = ?