Latest News

Mewakili Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Kadis Kominfotik Dr. Nazamuddin Amy, S. Sos,. MM., menerima Visiting Studies atau kunjungan belajar, mahasiawa Pascasarjana Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat, Jum’at (25/3/2022) di gedung Sangkareang kantor Gubernur NTB.

Kadis yang akrab disapa Doktor Najam, menyampaikan apresiasi dan terima kasih, karena telah memilih NTB sebagai salah satu tempat Visiting Studies, untuk sharing dan diskusi tentang wawasan kehumasan dan keterbukaan informasi dan media.

“Termasuk capian, upaya  serta langkah strategis yang dilakukan oleh Dinas Kominfotik NTB, dalam tugasnya mengawal dan memberikan pelayanan informasi dan komunikasi untuk kebutuhan publik,”kata Doktor Najam.

Menurutntya, sebagai salahsatu OPD yang membidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik yang menjadi kewenangan daerah, pihaknya  terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi serta kebutuhan informasi  masyarakat yang semakin meningkat.

Selain itu, dijelaskannya, bahwa Pemprov. NTB telah berkomitmen untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Memanfaatkan seluruh kanal informasi dan komunikasi yang tersedia.

“Misalnya kanal informasi  melalui aplikasi NTB Mall, Portal JPS Gemilang, Portal Simanis. Aplikasi NTB Care, Portal Satu Data, Bincang Gemilang, aplikasi lestari, siaga, system informasi posyandu dan lainnya,” terang mantan wakil ketua KI NTB ini.

Pemprov. NTB juma memiliki grand design sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE), sebagai tata kelola dan rencana induk pemerintah berbasis elektronik.

Bahkan komitmen tersebut, tertuang dala RPJD dan Rencana Startegis Daerah tahun 2019-2023 untuk mencapai visi NTB Gemilang dengan misi NTB Bersih dan Melayani. Agar terwujudnya Provinsi Informatif dan meningkatnya indeks pelayanan pubik yang baik, berkualitas dan berkeadilan.

“Sehingga berkat itu semua NTB terpilih menjadi satu-satunya Provinsidi Indonesia yang masuk dalam Festifal Open Government Partnership (OGD) tahun 2020,” jelasnya.

Prestasi lain juga ditorehkan seperti apresiasi Presiden Jokowi dengan program JPS Gemilang, yang melibatkan UMKM di masa Pandemi Covid-19, Provini Sangat Inovatif dari Kemendagri, dan inovasi pelayanan informasi publik hingga ke desa melalui desa benderang informasi dari KI Pusat.

“Keterbukaan Informasi Publik, merupakan upaya yang dilakukan berkesinambungan dan tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi Forkopimda NTB, Pemda Kabupaten/Kota, PPID, Forum Bakohumas, Forum Pimpinan Media, journalis media dan semua pihak,”tandas alumni Univ. Airlangga Surabaya ini.

Sementaraitu, Dekan FISIP Universitas Andalas, Dr.Azwar, Msi., menyampaikan ucapan terimakasi atas sambutan yang sangat luar biasa dan kesempatan yang telah diberikan untuk mengunjungi NTB.

Visiting studies ini adalah salah satu syarat  yang harus ditempuh mahasiswa  untuk menambah wawasan kehumasan, public relations, analisis media.  Pogram ini menjadi program rutin bagi mahasiwa yang medapatakan beasiswa Kementerian Kominfo RI.

“Kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahim antara Universitas Andalas khususnya FISIP dengan instansi pemerintah maupun swasta seluruh Indonesia,” terangnya didampingi Kordinator S2 Ilkom, Dr. Ernita Arif, Msi.

Setelah diterima oleh Kadis Kominfotik, mahasiawa Pascasarjana Program Magister (S2) Ilmu Komunikasi FISIP Unand, melakukan kunjungan juga ke Universitas Mataram (Unram). (edy/opic/diskominfotikntb)

Aduan, Kritik & Saran

3 * 9 = ?