Latest News

Diskominfotik NTB melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur dalam rangka dalam rangka melaksanakan studi banding pemanfaatan Command Center. Lombok Timur, Kamis (17/11/2022).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kiminfotik NTB, Kepala Bidang PTIK, Kepala UPTD Pusat Layanan Digital, beserta Tim Teknis lainnya. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Dr. Fauzan beserta jajaran di ruang Command Center Lombok Timur.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas  Kominfotik NTB Baiq Nelly Yuniarti menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan hangat dari Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur beserta jajaran yang telah menerima kunjungannya tersebut.

 

Ia menjelaskan bahwa Dinas Kominfotik telah membentuk  sebuah UPT  yakni UPTD Pusat Layanan Digital yang rencana kedepannya akan membuat Command Center yang  menjadi pusat kendali seluruh aplikasi yang ada di Pemerintah Provinsi NTB baik Aplikasi Layanan Publik ataupun Aplikasi Layanan Pemerintah. Nelly mengungkapkan bahwa Lombok Timur Command Center ini sangat bagus dan merasa bangga bahwa Pemkab Lombok Timur bisa membuat Command Center sebagus ini.

“Tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah untuk melakukan studi banding melihat pemanfaatan Command Center, sangat saya rekomendasikan untuk Pemda dan Pemkot yang ada di Provinsi NTB untuk berkunjung ke sini” terang Nelly.

 

Diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Dr. Fauzan menyampaikan bahwa Command Center merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam memudahkan mengakses data dari berbagai OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur karna jaringan yang terhubung lansung ke Pemerintah. Adapun Fungsi utama dari adanya Command Center sendiri yakni, data yang ada di setiap OPD dapat diakses langsung sehingga setiap kebijakan bisa dikeluarkan dengan melihat data yang sudah tersedia.

 

Diwaktu yang sama, Kepala Bidang PTIK Diskominfotik NTB Yasrul menanggapi terkait pemanfaatan Command Center. Yasrul mengatakan bahwa Command Center adalah sebuah ujung yang pondasinya adalah Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE), jika penerapan SPBE di Pemerintah Daerah sudah bagus maka pemanfaatan Command Center akan semakin maksimal. Ia berharap kedepannya masing-masing pemerintah daerah bisa terus meningkatkan penerapan SPBE.

 

Aduan, Kritik & Saran

7 - 5 = ?