Latest News

Begitu penting dan strategisnya keberadaan Program unggulan Pemrov. NTB ini, pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Kominfotik NTB terus mengembangankan aduan yang berbentuk aplikasi dan laman medsos tersebut.

Dijelaskan Kadis Dinas Kominfotik NTB, melaui  Kabid Persandian Izzuddin Mahili, SSTP, MM, bahwa NTB Care merupakan layanan pengaduan untuk aspirasi masyarakat yang terpercaya. Dibentuk Pemrov. NTB untuk menerima pengaduan.

Sistem pengaduan untuk masyarakat ini, diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Sebagai media yang terpercaya dari pemerintah untuk menampung dan menangani pengaduan masyarakat terkait berbagai masalah layanan publik. Sekaligus wujud pemerintah Provinsi NTB hadir untuk mau mendengar keluh kesah dan menampung ide- ide baik dari masyarakat sebagai bahan untuk menyempurnakan kebijakan dan program-program pemerintah.

“Jadi disitu pemahaman tentang cepat solutif dan terpercayanya,”kata Izzuddin Mahili.

NTB Care dibentuk dengan dengan tiga faktor utama, yang pertama aspek regulasi, sesuai amanat undang-undang 25 tahun 2009, penyelenggaraan pelayanan publik Permenpanrb nomor 24 tahun 2014,  dan dijabarkan dengan Perda provinsi NTB Nomor 16 tahun 2018, dan ditegaskan lagi dengan Perda nomor 1 tahun 2019 tentang RPJMD.

Dalam pengembangan NTB Care ada 4 tahapan, yang pertama tahapan fragmentasi sistim, mulai dilaiching tahun 2018-2019. Tahapan kedua difain system tahun 2020-2021, yang mulai terdefenisi sebagai kanal pengaduan. Tahapan ketiga pengembangan dalam kematangan system, yang titik beratnya tindak lanjut terhadap seluruh pengaduan dan masukan masyarakat. Tahapan keempat adalah system koordinasi dan merealisasikan seluruh pengaduan.

Kedepan, tahapan keempat 2022-2024 ini bagaimana merealisasikan seluruh pengaduan ini dapat ditindak lanjut hingga 100 persen.
“Bahkan dalam sebulan mencapai 50 pengaduan, mampu direspon oleh Tim NTB Care dan OPD terkait sudah 100 persen, namun tindak lanjut dilapangan baru 70-80 persen,”terangnya.

Pengaduan NTB Care dibagi dalam 3 Cluster jenis-jenis pengaduan, yang pertama itu sosial, kedua yaitu kemanusiaan dan ketiga adalah bencana alam. Jadi kalau ada masalah sosial misalnya ada masalah orang sakit di lingkungan yang kurang mampu, dan tidak ditangani secara mandiri, bencana alam seperti banjir, persoalan lingkungan silakan dilaporkan kepada NTB Care.

Sehingga ia mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan partisipasi dalam pembangunan NTB Gemilang, karena NTB Care dapat menangkap, memahami dan merespon pengaduan masyarakat kepada Pemerintah secara langsung (real time) tanpa melalui prosedur protokoler yang dapat menghemat waktu.

Pengguna NTB Care baik melalui aplikasi yang diunduh, dan Medsos, terdiri dari masyarakat umum, admin sistem NTB Care, termasuk yang ada di OPD terkait. Baik itu Kabupaten/Kota dan lembaga terkait, yang nantinya tempat untuk saling koordinasi dan bekerjasama menangani tindak lanjut dilapangan.

NTB Care merupakan jawaban atas kerisauan ataupun kebingungan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah agar dapat ditindaklanjuti.

“Disini komunikasi dua arah antara pimpinan daerah dan steakholder terkait terbangun. Gubernur dan Wagub bahkan selalu memantau langsung aduan dilamannya untuk langsung merespon setiap suara rakyatnya,”tutup Izzudin. (Diskominfotik)

Aduan, Kritik & Saran

5 * 7 = ?