Latest News

Jelang event MotoGP, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI)  menggelar Spesial Event Station (SES) 8C9MGP untuk mempromosikan berbagai potensi pariwisata sekaligus event MotoGP mendatang dan keunikan budaya lokal masyarakat NTB seperti Festival Bau Nyale.

Melalui penyelenggaraan tersebut, ORARI pusat dan ORARI Daerah NTB telah membangun base station SES 8C9MGP dengan ketinggian antenna mencapai 18 meter dari ground untuk 10,15 20, 40 dan 80 meter band. Selain itu, ORARI juga terlibat dalam Dukungan Komunikasi (Dukom) dan CORE dalam 2 event besar tersebut.

Ketua Umum ORARI, Donny Imam Priambodo menjelaskan pelaksanaan SES 8C9MGP akan dilakukan pada Mode Phone dan Digital dimana band yang akan bekerja pada mode Phone yaitu 10,15 20, 40 dan 80 Meter Band sementara untuk mode digital (FT8) akan memancar pada 10,15 20, 40, 80 dan 160 Meter Band sedangkan untuk mode CW akan bekerja pada 15, 20 dan 40 Meter Band.

"Setelah kami menggelar SES, banyak teman-teman dari Eropa dan Jepang sudah ada yang menyatakan kesiapannya untuk datang ke Mandalika dan menyaksikan event MotoGP," jelasnya usai membuka SES di Batu Kotak parkir Timur Sircuit Mandalika Lombok Tengan, Jum'at 11 Maret 2022.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan SES salah satunya untuk mendukung suksesnya event MotoGP di NTB sekaligus mempromosikan berbagai keindahan alam dan pantai yang berada di sekitar kawasan Mandalika. Termasuk keunikan dan keanekaragaman budaya lokal yang masih di lestarikan oleh masyarakat NTB yang disiarkan melalui 125 station radio yang tersambung ke 125 Negara yang sudah dapat mengakses kedua event spesial itu.

"Bahkan kami beri penghargaan khusus bagi Amatir Radio di seluruh dunia yang berhasil kontak dengan Station 8C9MGP pada dua kegiatan yaitu Festival Bau Nyale dan MotoGP," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Orda NTB, H. L. Wirakarma mengatakan, langkah ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah di bidang olahraga, budaya, pariwisata dan berbagai event internasional yang digelar di Indonesia.

"Untuk itu, melalui SES yang difokuskan kepada event MotoGP dan Bau Nyale kami berharap bahwa potensi pariwisata dan keunikan NTB bisa di kenal di seluruh dunia," ujarnya.

Saat ini base station SES 8C9MGP berada pada Parkir Timur Sirkuit Mandalika dan base station inipun akan tetap berada hingga pagelaran motoGP usai digelar. Penyelenggaraan Spesial Event Station (SES) juga di hadiri oleh 10 pengurus Orda perwakilan kabupaten kota (Orda) se-NTB.

Aduan, Kritik & Saran

2 * 6 = ?