Latest News

Mataram - Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, bersama dengan PLN Icon Plus, menggelar acara bertajuk "Smart and Green Productivity". 

 

Pemerintah Provinsi NTB bersama dengan PT. PLN Indonesia Comnet Plus (Icon plus) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk mewujudkan NTB menjadi provinsi yang smart and green productivity. 

 

Dalam sambutannya, Miq Gite menyebutkan komitmen menjadikan NTB menjadi provinsi yang smart and green productivity, sejalan dengan itu dengan penyelenggaraan dilakukan dengan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan SPBE di Provinsi NTB. Miq Gite menjelaskan konteks smart pada pemerintahan menerapkan teknologi informasi, sedangkan green dimaksudkan menjadikan daerah bersih dan hijau dengan beberapa Komitmen seperti penandatangan MoU dengan Icon Plus untuk melakukan produktivitas, terutama meningkatkan kegiatan usaha para UMKM. 

 

“Pemerintah NTB sejak tahun 2018 berkomitmen mewujudkan smart province untuk Nusa Tengara Barat hal ini dibuktikan dengan pencapaian nilai indeks SPBE untuk NTB selalu diatas target nasional RPJMN oleh kementerin PANRB. Sehingga kegiatan kita hari ini sangat relevan dengan semangat kita di NTB” tuturnya di Pantai Wisata Loang Baloq Mataram (7/6/2024).

 

Miq Gite menjelaskan dengan komitmen menerapkan green energy, green teknologi, pengembangan green economy dan green tourism merupakan komitmen besar. Kehadiran PLN Icon Plus yang merupakan bagian dari PLN, jaringan PLN bisa dimanfaatkan Icon Plus sehingga seluruh daerah bisa tercover penerapan konsep provinsi yang green smart. Selain produktif, terutama meningkatkan kegiatan usaha para UMKM. Kini telah ada 10 UMKM lokal menjadi binaan Icon Plus dan masuk dalam marketplace.

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gite bersama Direktur PLN Icon Plus berkesempatan menyerahkan bantuan CSR kepada beberapa lembaga pendidikan dan pemerintahan setempat. Bantuan berupa free internet 1 tahun kepada Kelurahan Tanjung Karang dan bantuan sarana kebersihan kepada Kelurahan Ampenan Selatan.

 

Terkait smart province, Doktor Najam Kadis Kominfotik NTB mengungkapkan bahwa sebelumnya ini sudah tertuang dalam visi rencana induk SPBE yaitu Mewujudkan NTB Smart Province yang menghadirkan birokrasi berkinerja tinggi dan layanan publik yang berkualitas dan terpercaya , 

"Dalam mewujudkan Smart Province, berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian PANRB pemerintah Provinsi NTB berada pada indeks 3,40 dengan predikat baik yang artinya posisi NTB saat ini berada diatas target Nasional RPJMN 2024 yaitu 2,6. Sejak evaluasi penilaian dari tahun 2018 sampai dengan 2023 nilai indeks SPBE Provinsi NTB selalu diatas target nasional dalam kategori baik. Selain itu pula, Indeks Masyarakat Digital (IMDI) NTB tahun 2023 mencapai 45,03 melampaui target nasional 43,18 dengan memperhatikan empat pilar IMDI yaitu Infrastruktur & ekosistem, keterampilan, pemberdayaan dan pekerjaan. Sehingga artinya ini menjadi pengukuran Tingkat kompetensi dan keterampilan Masyarakat dalam penggunaan teknologi digital, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan ", Jelas Doktor Najam.

 

MOU Pemerintah Provinsi NTB dengan PLN Icon Plus merupakan komitmen besar dan akan terus berproses serta berkelanjutan dalam Pembangunan NTB.. Kehadiran PLN Icon Plus adalah bagian dari PLN untuk memajukan Provinsi NTB. (Kominfotikntb)

Aduan, Kritik & Saran

5 + 9 = ?